Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerahKesehatanPILKADA 2024

KPU Raja Ampat Gelar Rakor Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Bacalon Pilkada 2024

×

KPU Raja Ampat Gelar Rakor Persiapan Pemeriksaan Kesehatan Bagi Bacalon Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
Rapat koordinasi persiapan pemeriksaan kesehatan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Raja Ampat dalam Pilkada serentak 2024.
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Menjelang pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bakal calon Bupati dan wakil Bupati dalam Pilkada 2024. KPU Raja Ampat gelar rapat koordinasi persiapan pemeriksaan kesehatan bagi para bakal calon yang mencalonkan diri pada pemilihan serentak tahun 2024.

Ketua KPU Raja Ampat Arsyad Sehwaky mengatakan rapat koordinasi tersebut di gelar dalam rangka mempersiapkan hal-hal teknis dalam terkait pemeriksaan kesehatan. Meski sebelumnya KPU telah menyurati pasangan bakal calon secara resmi yang merincikan hal-hal teknis didalamnya.

Example 300x600

“Terkait persiapan pemeriksaan kesehatan, hasil koordinasi terakhir KPU Raja Ampat dengan tim Dokter RSUD Sele Be Solu Sorong terkait teknis yang harus di perhatikan pasangan bakal pasangan dalam pemeriksaan kesehatan yang akan berlangsung tanggal 1 – 2 September 2024,” ucap Ketua KPU Raja Ampat Arsyad Sehwaky di Rylich Panorama Sorong, Sabtu (31/8/2024).

Arsyad menjelaskan sebelumnya secara teknis KPU telah menyurati setiap pasangan bakal calon yang isinya secara terinci menjelaskan hal-hal teknis.

“Sebelumnya informasi secara detail telah disampaikan oleh KPU melalui surat yang telah dikirimkan kepada setiap pasangan calon melalui LO,” sambungnya.

Untuk itu, prinsipnya rakor tersebut kembali mengingatkan pasangan bakal calon terkait kewajiban yang harus dilakukan bagi pasangan calon baik peserta laki-laki maupun perempuan.

“Poin-poin penting yang perlu diperhatikan adalah, sehari sebelum melakukan pemeriksaan kesehatan, bakal pasangan calon diharuskan beristirahat secara total. Untuk peserta laki-laki wajib membersihkan buluh dada. Sementara bagi peserta perempuan wajib puasa selama tiga hari,” kata Arsyad.

Jelaskannya bagi peserta yang sementara mengkonsumsi obat-obat medis lainnya, diharapkan untuk memberitahu kepada tim dokter terkait obat yang sementara dikonsumsi. Bila ada rujukan dari dokter terkait obat tersebut diharapkan untuk dibawa pasa saat pemeriksaan.

Lebih lanjut, Ketua KPU Raja Ampat mengingatkan pasangan bakal calon agar hadir tepat waktu yakni jam 06:00. Karena sebelum dilakukan pemeriksaan pukul 06:30 diawali dengan meeting bersama pasangan bakal calon.

“Pasangan bakal calon diharapkan sudah berada di Rumah Sakit Sele Be Solu Kota Sorong. Karena jam 06:00 tim dokter melalukan meeting bersama pasangan bakal calon. Tepat jam 06:30 dimulai proses pemeriksaan kesehatan,” ujarnya.

Diketahui, untuk Kabupaten Raja Ampat, tiga pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang mengikuti pemeriksaan kesehatan dihari pertama yakni Pasang Orideko Burdam dan Mansyur Syahdan, Hasan Makassar dan Yoris Rumbewas dan Ria Siti Umlati dan Benoni Saleo.

“Peserta pasangan bakal calon diharapkan menyiapkan sendiri makanan, sebab KPU dan RSUD tidak menyiapkan makanan karena dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama,” tutup Ketua KPU Raja Ampat.

Rapat persiapan tersebut dihadiri Ketua dan Komisioner KPU Raja Ampat dan tim sekretariat, LO masing-masing pasangan bakal calon dan Bawaslu Raja Ampat.

Example 300250
Example 120x600