Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Akun Google Bisnis Sejumlah Hotel di Bandung Diretas

×

Akun Google Bisnis Sejumlah Hotel di Bandung Diretas

Sebarkan artikel ini
Ketua Riung Priangan, yang juga Ketua Dewan Promosi Pariwisata Kota Bandung, Arief Bonafianto. Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, BANDUNG – Sejumlah pengelola hotel melaporkan terjadi peretasan akun Google Bisnis yang menimpa beberapa hotel di Indonesia termasuk Kota Bandung, sehingga rentan disalahgunakan untuk penipuan dan sejenisnya.

Ketua Riung Priangan, yang juga Ketua Dewan Promosi Pariwisata Kota Bandung, Arief Bonafianto mengatakan, saat ini ada sekitar 45 Hotel di Kota Bandung dan diluar Bandung, yang melaporkan peretasan tersebut.

Example 300x600

“Sampai dengan hari ini barusan sudah terkonfirmasi dan melaporkan sebanyak 45 hotel. Ini bukan hanya di Kota Bandung ya, jadi memang terjadinya di seluruh Indonesia,” katanya kepada wartawan, di Bandung, Senin (12/8/2024).

Untuk itu ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati, dan mencari informasi yang valid terkait dengan layanan hotel melalui media sosial hotel yang bersangkutan.

“Di masing masing hotel sudah memiliki diskripsi membuat disclaimer, yang mencantumkan nomor hotel resminya. Jadi diluar nomor itu, bukan menjadi tanggung jawab hotel,” ujarnya.

“Agar tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar, maka semua pihak dimohon untuk berhati-hati dan mengkonfirmasi pihak manajemen hotel, dengan layanan informasi yang benar,” tambah Arief.

Arief menyebutkan, sampai saat ini belum ada laporan terkait adanya penipuan yang dialami masyarakat, menyangkut dengan insiden siber ini.

“Alhamdulilah sampai saat ini belum ada laporan, terkait penipuan yang menimpa konsumen hotel,” ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut, kata dia, saat ini PHRI Pusat segera melapor ke pihak berwajib dalam hal ini ke Polri.

Example 300250
Example 120x600