BeritaDaerah

Waket II DPR Kabupaten Merauke Terima Kunjungan Pencoklitan dari Pantarlih

×

Waket II DPR Kabupaten Merauke Terima Kunjungan Pencoklitan dari Pantarlih

Sebarkan artikel ini
Penyerahan stiker yang sudah tertulis nama pemilih

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Wakil Ketua II DPR Kabupaten Merauke, Dominikus Ulukyanan menerima kunjungan pencoklitan dari Petugas Pencocokan dan Penelitian (Pantarlih) untuk wilayah Distrik Merauke, Rabu (3/7/2024) di Rumah Dinas Jalan Pelabuhan Merauke.

Kesempatan yang sama juga hadir Ketua PPD Distrik Merauke, Daniel Taraneno, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Merauke Yanderzon Viktor Billik, bersama anggotanya guna ikut memastikan pencoklitan yang dilakukan Pantarlih.

“Kami berterimakasih hari ini kami didatangi oleh petugas untuk melakukan pencoklitan karena ini hak masyarakat untuk ikut memilih,” ujar Dominikus dalam sela-sela pencoklitan.

Besar harapannya, petugas juga betul-betul melakukan pencocokan dan penelitian dari rumah ke rumah masyarakat dan memastikan semua sudah didata. Sebab dari pengalaman Pemilu sebelumnya, banyak masyarakat yang mengeluh tidak mendapatkan undangan untuk memilih di TPS.

Domin menyarankan, jika saat didatangi Pantarlih dan masyarakat masih di dusun terjauh sehingga tidak berada di rumah atau pondok terdekat maka perlu ada cara baru untuk petugas dapat bertemu dan mengakses data mereka. Dominikus juga menyoroti bahwa dari tahun ke tahun belum ada kepastian data orang asli Papua.

“Karena sampai dengan hari ini jumlah orang asli Papua kita tidak tahu, bagaimana kita mau buat program kalau jumlah mereka kita tidak tau,” pungkasnya.

Berkaitan dengan data yang dimaksud, ia harapkan peran semua pihak terlebih para kepala kampung untuk memiliki data valid warga kampung yang merupakan orang asli Papua.

Masukan dari anggota legislatif tersebut disambut baik Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Merauke Yanderzon Viktor Billik. Ia mengatakan setiap saran dan masukan akan ditindaklanjuti kepada petugas Pantarlih maupun kepada KPU sebagai penyelenggara dan semua tenaga ad hoc.

“Saat ini pelaksanaan pencoklitan masih terus berjalan di semua distrik yaitu 22 Distrik dan 179 kampung. KPU juga akan mengevaluasi para Pantarlih dalam pelaksanaan coklit di masing-masing wilayah dan kita ikut memantau dengan sistem monitoring berjenjang,” tutup Yanderzon.

Selepas dari Waket II, petugas melanjutkan pencoklitan di kediaman Ketua DPR Kabupaten Merauke, Sugiyanto di daerah Muli.