Berita

PSSI Gelar Khursus Wasit untuk Liga 1, Fokus Terapkan VAR

×

PSSI Gelar Khursus Wasit untuk Liga 1, Fokus Terapkan VAR

Sebarkan artikel ini
Peserta Khursus pelatihan wasit tengah mencoba menggunakan VAR (foto:pssi org).

TEROPONGNEWS.COM,  JAKARTA – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar pelatihan bagi wasit untuk mengarungi Liga 1 musim 2024-2025 yang rencananya digelar pada 9 Agustus mendatang. 

PSSI juga mendatangkan Instruktur Wasit FIFA yakni Subkhiddin Mohd Salleh, Wakil Ketua Komite Wasit Yoshimi Ogawa, Toshiyuki Nagi dari JFA (Japan Football Association) dan Pratap Singh sebagai pemateri.

Pelatihan itu berlangsung dari 29 Juni hingga 5 Juli 2024 yang berlokasi di kawasan Depok, Jawa Barat.

Subkhiddin Mohd Salleh mengatakan kursus selama lima hari ini difokuskan untuk memperkuat pemahaman wasit mengarungi kompetisi musim depan yang akan menggunakan Video Assistant Referee (VAR).

“Kegiatan kita selama lima hari ini adalah untuk memperkuat perwasitan, apalagi mereka nanti di musim baru akan menggunakan VAR. Karena wasit akan memberikan keputusannya terlebih dahulu, seperti biasa, kita tak mau mengganggu kinerja wasit. Sebab apa saja keputusan yang ada di atas lapangan, wasit yang lebih dahulu memutuskan,” kata Subkhiddin, dikutip dari laman resmi PSSI, Jumat (5/7/2024).

Subkhiddin menjelaskan VAR akan membantu wasit dalam mengambil keputusan tepat, mulai dari pelanggaran hingga insiden yang terjadi di atas lapangan.

“Wasit harus satu pemahaman, dan memperkecil perbedaan sudut pandang masing-masing. Karena manusia juga tak luput dari kesalahan. Supaya jelas, kartu merah, ya kartu merah. Terpenting adalah apa yang ada di Indonesia ini, perlu memastikan wasit tengah punya keputusan yang tepat,” jelasnya.

Adapun penyelenggara Liga 1 telah menetapkan kuota wasit Liga 1 musim 2024/2025 sebanyak 29 wasit dan 46 asisten wasit.