Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaPendidikanWisata

PKM Implementasi Whispering Animation Game Unvic Sorong Untuk Ciptakan Pemuda Unggul di Bidang Pariwisata

×

PKM Implementasi Whispering Animation Game Unvic Sorong Untuk Ciptakan Pemuda Unggul di Bidang Pariwisata

Sebarkan artikel ini
Foto bersama usai kegiatan PKM Implementasi Whispering Animation Game dengan mitra Pemuda GSJA Bukit Hermon. Foto : TN/Istimewa
Foto bersama usai kegiatan PKM Implementasi Whispering Animation Game dengan mitra Pemuda GSJA Bukit Hermon. Foto : TN/Istimewa
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ada sekitar 400 juta orang di seluruh dunia yang mengunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pertama mereka. Di Indonesia sendiri, bahasa Inggris telah menjadi bahasa kedua yang digunakan saat ini.

Tidak hanya itu, bahasa Inggris tercatat sebagai salah satu bahasa resmi di lebih dari seperempat negara di dunia. Sehingga tak dipungkiri bahwa ada banyak sekali orang asing yang baru ditemui bisa diajak berkomunikasi hanya dengan mengembangkan satu bahasa.

Example 300x600

Fakta tersebut telah dipahami baik oleh Dosen yang ada di Universitas Victory (Unvic) Sorong. Para dosen dengan berkolaborasi bersama mahasiswa telah melaksanakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Implementasi Whispering Animation Game sebagai upaya peningkatan Vocabulary dan Listening Ability untuk menciptakan pemuda unggul dalam bidang pariwisata.

Upaya kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang baik dan berkelas dalam menggunakan bahasa Inggris. Sebab sebagaimana diketahui bersama bahwa bahasa Inggris adalah bahasa International yang digunakan di dunia.

Di era sekarang memang sangat penting untuk mendalami pengetahuan terhadap bahasa Inggris.

Pemuda GSJA Bukit Hermon antusias mengikuti Program PKM Implementasi Whispering Animation Game yang dilakukan oleh Unvic Sorong, Sabtu (27/7/2024). Foto: TN/Istimewa

Kegiatan PKM bertajuk Implementasi Whispering Animation Game merupakan salah satu program kompetisi dosen yakni program Hibah Kompetisi Pengabdian Kepada Masyarakat, Ruang Lingkup Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat Tahun 2024 yang didanai oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (DRTPM DIKTI). Kegiatan PKM bersama Pemuda Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Bukit Hermon tersebut berlangsung di hari Sabtu, 27 Juli 2024.

Kegiatan PKM ini diselenggarakan oleh Tim Pengabdi dengan Ketua Lulu Jola Uktolseja, S.Pd., M.Pd dan beranggotakan Melda Agnes Manuhutu, S.Kom., M.Cs serta Ratna Rosmauli Pakpahan, S.I.A., M.Si.

Yang dijadikan mitra PKM ini adalah Pemuda Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA) Bukit Hermon. Sebagai mitra pemuda GSJA Bukit Hermon terlihat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini.

Tujuan kegiatan PKM ini sendiri ada 2 (dua) hal yaitu, pertama, untuk melatih dan meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris khususnya vocabulary dan listening ability. Dan yang kedua untuk meningkatkan pengetahuan pariwisata di Papua Barat Daya, sehingga pemuda dapat melakukan manajemen Pariwisata secara sederhana.

Adapun rangkaian kegiatan PKM yang dilakukan oleh tim dosen ini adalah:

  1. Sosialisasi
  2. Pelatihan
  3. Penerapan teknologi
  4. Pendampingan dan evaluasi
  5. Keberlanjutan program

Ketua Tim Pelaksana berharap melalui kegiatan PKM Implementasi Whispering Animation Game bisa memberikan pengalaman belajar Bahasa Inggris yang menarik dan menyenangkan bagi Pemuda GSJA Bukit Hermon serta mampu meningkatkan pengetahuan Pemuda mengenai tempat wisata yang ada di Provinsi Papua Barat Daya.

Reportase : Triani dan Hesty

Example 300250
Example 120x600