Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

Pembela HAM Papua Desak BPK Audit Pengelolaan Keuangan di Kabupaten Manokwari

×

Pembela HAM Papua Desak BPK Audit Pengelolaan Keuangan di Kabupaten Manokwari

Sebarkan artikel ini
Direktur LP3BH Manokwari, Yan Christian Warinussy, SH
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, Advokat dan Pembela Hak Asasi Manusia (HAM), Papua Yan Christian Warinussy, SH mendorong masyarakat untuk lebih teliti, jeli dan kritis melihat dan menyimak jati diri dan sosok figur calon-calon pemimpin yang akan maju dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Tahun 2024.

Sebagai Advokat, Yan Christian Warinussy menyebut kapasitas dan bersih diri para calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manokwari sebagai Daerah Injil menjadi persyaratan penting.

Example 300x600

“Ini menjadi hal penting yang semestinya dinilai oleh rakyat mayoritas di Manokwari dan sekitarnya. Kita mesti mendapatkan sosok figur pemimpin yang benar-benar mampu menjawab kerinduan masyarakat mayoritas Kabupaten Manokwari untuk dapat merasakan sentuhan pembangunan dalam arti yang seluas-luasnya. Jadi bukan pembangunan dalam arti adanya proyek-proyek “mercusuar” belaka,” kata Yan Christian Warinussy dalam rilisnya, Senin (22/7/2024).

Sebagai anak Papua yang berprofesi sebagai pengacara, Warinussy mengatakan hari ini mama-mama Papua di Kabupaten Manokwari senantiasa meletakkan barang jualan mereka berupa sayur-mayur dan ubi-ubian diatas hamparan plastik di sepanjang trotoar di Jalan Jenderal Sudirman, Borobudur-Manokwari hingga sepanjang jalan Yos Sudarso dan depan Hotel Metro Sanggeng hingga ke Toko Mawar. Apakah mereka tidak bisa mendapat tempat jualan yang lebih layak.?

Dibalik tempat jualan mama mama Papua ada bangunan beton serta kios yang dibangun di samping Kantor Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Manokwari Jalan Percetakan Manokwari itu kegunaan dan manfaatnya untuk apa.?

Apakah nantinya mama-mama Papua akan mendapatkan tempat untuk berjualan di dalam bakal gedung Pasar Sentral yang sedang diselesaikan pembangunannya ?

Banyak pengusaha asli Papua di Kabupaten Manokwari yang belum menerima pembayaran pekerjaan mereka dalam Tahun Anggaran 2023-2024?

Banyak tenaga pengangkut sampah yang belum lama ini berunjuk rasa karena alasan belum menerima honor? Ini semua merupakan akumulasi persoalan yang semestinya pula dilihat secara jeli oleh Aparat Penegak Hukum (APH).

Sementara pemerintahan daerah beralasan “kas daerah kosong” ?. Untuk itu, sebagai Advokat Yan Christian Warinussy menilai Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari perlu pula diaudit secara intens dalam konteks pengelolaan keuangannya oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

“Saya sebagai Advokat dan Pembela Hak Asasi Manusia (HAM) dengan ini mendesak rakyat di Manokwari dan sekitarnya untuk ikut mengkritisi kondisi pemerintahan daerah dalam pengelolaan keuangan daerah yang jika ditemukan bukti-bukti valid, maka segera dilakukan langkah penegakan hukum sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku,” tutup Pengacara senior asal Papua ini.

Example 300250
Example 120x600