Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Olahraga

Indonesia Juara Piala AFF U-19 usai Libas Thailand dengan Skor 1-0

×

Indonesia Juara Piala AFF U-19 usai Libas Thailand dengan Skor 1-0

Sebarkan artikel ini
Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan telak atas Filipina dengan skor 6-0 dalam laga Grup A Piala AFF 2024 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Kamis (17/7/2024)(Foto:pssi.org).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Indonesia sukses mengangkat trofi Piala AFF U-19 usai mengalahkan Thailand dengan skor tipis 1-0 dalam partai final Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Senin (29/7/2024).

Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh striker tajam Jens Raven pada menit ke-17;usai memanfaatkan bola liar di mulut gawang Thailand.

Example 300x600

Jalannya babak pertama berjalan cukup sengit lantaran kedua tim bermain taktis dan disiplin di atas lapangan.

Thailand tampil dominan di menit awal dengan memainkan progresi umpan pendek untuk membongkar pertahanan Skuad Garuda. 

Tak tinggal diam, anak asuh Indra Sjafri juga menekan pertahanan Thailand melalui sisi sayap. Hal itu terbukti pada menit ke-12 saat Arliansyah berhasil mendapat peluang emas di kotak penalti lawan, namun sayang masih mampu halah penjaga gawang Thailand.

Ancaman demi ancaman terus diterapkan punggawa Garuda Muda untuk menjebol gawang Thailand sejak awal laga.

Kebuntuan itu pun pecah saat Jens Raven berhasil menyontek bola liar di mulut gawang Thailand hasil bola pantul dari Kadek Arel saat memyambut sepak pojok di menit ke-14. Membuat skor 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Skuad Garuda tampil lebih bertahan dengan mngandalkan skema serangan balik untuk membuat peluang.

Taktik itu justru dimanfaatkan Thailand dengan taktik umpan pendek di area pertahanan Indonesia.

Tim Gajah Putih sangat leluasa memajnkan bola dari kaki ke kaki yang menjadi ancaman serius lini belakang timnas Indonesia.

Thailand berhasil menciptakan peluang pada menit ke-80 melalui tembakan Singha Marasa dari luar kotak penalti. Namun sepakannya masih melambung di atas mistar gawang.

Ancaman kembali terjadi pada menit ke-86 tembakan gelandang Thailand Paripan Wongsa mengarah langsung ke arah gawang. Beruntung mampu dihalau kiper Indonesia Ikram Algiffari. 

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Indonesia menang 1-0 atas Thailand dan keluar sebagai juara Piala AFF U-19 2024.

Adapun prestasi ini merupakan gelar kedua yang diraih Indonesia di Piala AFF U-19 setelah pada edisi 2013, Indra Sjafri juga membawa Timnas Indonesia U-19 keluar sebagai juara.

Example 300250
Example 120x600