Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerah

Guna Menjaga Kekompakan dan Soliditas, DPD Partai Hanura Papua Selatan Gelar Rapimda I 2024

×

Guna Menjaga Kekompakan dan Soliditas, DPD Partai Hanura Papua Selatan Gelar Rapimda I 2024

Sebarkan artikel ini
Rapimda I DPD Partai Hanura Privinsi Papua Selatan di Merauke
Example 468x60

TEROPONGNEWS. COM, MERAUKE – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Papua Selatan melaksanakan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) I tahun 2024, diikuti dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) empat daerah yaitu Kabupaten Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Hanura Provinsi Papua, Herman Silubun mengatakan, pihaknya perlu ada pertemuan dengan semua DPC Hanura selain sebagai kewajiban DPD tetapi juga bagian dari upaya dalam tetap menjaga kekompakan dan soliditas.

Example 300x600

“Selain mengevaluasi hasil Pemilu sebelumnya, juga membicarakan strategi dalam menghadapi Pilkada 2024 dan mempersiapkan strategi untuk pemilihan legislatif (Pileg) 2029,” ucap Herman Silubun di Megaria Merauke, Jumat (26/7/2024).

Herman mengakui bahwa Hanura di Papua Selatan mengalami penurunan prestasi setelah 2014 pernah berada di posisi terbaik dengan memperoleh sekitar 9 kursi legislatif. Lalu tahun 2019 turun menjadi 4 kursi, dan 1 kursi 2024. Meski demikian kondisi yang dialami itu, tidak membuat Hanura bermalas-malasan, tetapi Hanura terus berjuang dan tetap semangat karena kesempatan masih terbuka lebar bagi kader-kader muda.

“Kekalahan bukan menjadi satu keputusasaan, kita terus membenahi diri, sehingga pentingnya Rapimda hari ini kita evaluasi kembali apa yang terpenting dan yang harus kita kejar ke depan. Saya mengajak kita semua ikuti karena keputusan yang dihasilkan akan dijadikan laporan ke DPD yang nanti menjadi strategi menghadapi Pilkada dan Pileg 2029 nanti,” pungkas Pimpinan Hanura Papua Selatan.

Kepala Badan Kesbangpol Papua Selatan, Paskalis Netep menyampaikan Partai Hanura harus kejar ketertinggalan dan menaikan prestasi setalah terjadi penurunan. Terutama pada Pileg 2029, Hanura mesti punya target minimal 1 kabupaten bisa 3 kursi dan provinsi 4 kursi. Dan setiap kader harus tunduk dan taat kepada asas-asas partai politik (Parpol) .

“Ketika mengalami penurunan maka harus dikejar di 2029 bahwa penurunan tidak lagi terulang. Hanura harus menunjukan ciri khas sebagai Partai Hanura dengan menjunjung tinggi asas Partai. Sebagai Kepala Kesbangpol tugas kami adalah melakukan pembinaan Parpol di daerah. Nanti setelah terbentuknya DPRP tugas Kesbangpol melakukan pembinaan yakni mengalokasikan anggaran bagi anggaran pembinaan Parpol di Papua Selatan dengan harapan setiap Parpol sudah terdaftar di Pemrov melalui Kesbangpol,” kata Paskalis.

Paskalis menambahkan, hingga jelang akhir Juli 2024, baru satu Parpol yang sudah terdaftar di Kesbangpol Papua Selatan, sisanya masih ditunggu pengajuannya.

“Partai Politik wajib mendaftar ke Badan Kesbangpol Papua Selatan agar mendapatkan pembinaan dan dukungan uang pembinaan dari Kesbangpol,” tandas Paskalis.

Hasil Rapimda I DPD Hanura Papua Selatan mengeluarkan rekomendasi di antaranya, mendesak DPP untuk mempercepat Musyawarah Nasional (Munas) 2024. Kemudian semua DPC empat kabupaten sepakat untuk mengusung Oesman Sapta Odang menjadi Ketua Umum Partai Hanura untuk periode 2024-2029.

Example 300250
Example 120x600