BeritaDaerah

Apolo Safanpo Ajukan Surat Pengunduran Diri Sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan

×

Apolo Safanpo Ajukan Surat Pengunduran Diri Sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan

Sebarkan artikel ini
Konferensi Pers Pj Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan, Apolo Safanpo telah menyurati Menteri Dalam Negeri dan Presiden Jokowi perihal permohonan mengundurkan diri sebagai Pj Gubernur Papua Selatan.

Surat permohonan pengunduran diri telah dikirim per tanggal 1 Juli 2024. Hal ini sebagai tindak lanjut surat dari Mendagri terkait pengunduran diri bagi penjabat kepala daerah baik gubernur, bupati maupun walikota yang akan ikut mencalonkan diri sebagai kepala daerah definitif dalam Pilkada serentak 2024, harus mengundurkan diri paling lambat 40 hari sebelum pendaftaran di KPU.

“Walaupun demikian, terhitung tanggal 1 Juli 2024, kami telah membuat surat permohonan pengunduran diri kepada bapak Mentri Dalam Negeri dan kepada bapak Presiden untuk mengundurkan diri sebagai Penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, untuk selanjutnya ikut mencalonkan diri sebagai calon gubernur definitif pada Pilkada serentak nasional 2024,” ucap Apolo Safanpo dalam konferensi pers, Selasa (2/7/2024) di Gedung Negara Merauke.

“Untuk itu, kita akan menunggu proses pemberhentian sebagai penjabat gubernur Provinsi Papua Selatan yang ditetapkan dalam Keputusan Presiden dan juga Keputusan Presiden tentang pengangkatan dan penetapan Pj Gubernur Provinsi Papua Selatan yang baru. Selama belum ada Kepres tentang pemberhentian Penjabat gubernur Provinsi Papua Selatan dan belum ditetapkannya Kepres tentang pengangkatan Pj baru, kami akan tetap melaksanakan tugas-tugas administratif sampai di keluarnya Kepres tersebut,” sambung Apolo.

Apolo menambahkan, pertimbangan berikut bahwa pada saat pendaftaran di KPU, bakal calon tidak sedang menjabat sebagai penjabat kepala daerah, sehingga harus segera mengajukan pengunduran diri lebih awal supaya ada kesempatan untuk memproses pengangkatan Pj yang baru oleh pemerintah pusat.

Disinggung alasan ingin maju sebagai gubernur definitif, Apolo Safanpo merespon bahwa dirinya melihat ada potensi besar di wilayah Papua Selatan yang bisa dikembangkan untuk kemajuan daerah maupun untuk menghadirkan atau mengupayakan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Oleh karena itu sebagai salah satu putra daerah, kamipun berkeinginan mencalonkan diri untuk bisa mengupayakan kesejahteraan bagi masyarakat di Papua Selatan,” tutupnya.