BeritaReligi

Pesparawi XIV Tingkat Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya Resmi Ditutup

×

Pesparawi XIV Tingkat Provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya Resmi Ditutup

Sebarkan artikel ini
Penutupan Pesparawi XIV oleh Pj Gubernur Papua Barat Dr Ali Baham Temongmere di ACC kabupaten Sorong. (Foto: Mega/TN).

TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Rangkaian Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIV resmi ditutup oleh Penjabat (PJ) Gubernur Papua Barat, Dr. H. Ali Baham Temongmere, Kamis (27/6/2024) di Aimas Convention Centre.

Penutupan Pesparawi XIV se-tanah Papua tingkat provinsi Papua Barat dan Papua Barat Daya itu ditandai dengan pemukulan tifa oleh Pj. Gubernur Papua Barat, diikuti oleh Pj. Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad, Dirjen Binmas Kristen Kemenag RI, dan sejumlah kepala daerah.

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang diwakili oleh Dirjen Binmas Kristen Jeane Marie Tulung mengucapkan selamat kepada seluruh umat Kristiani di tanah Papua atas keikusertaannya pada Pesparawi ke-14 ini.

Marie berharap kegiatan ini menjadi momentum dalam memperkuat persatuan bangsa dan beragama di tanah Papua, memperkuat iman, serta mempererat persaudaraan.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini sebagai wajah umat dalam mempersaksikan kemuliaan Tuhan melalui lantunan lagu-lagu rohani yang indah, dan penuh makna Karena para peserta diingatkan kembali akan kasih sayang Tuhan dan diajak untuk hidup sesuai dengan ajarannya,”ujar Marie.

Menurutnya, Pesparawi ke XIV kali ini juga menjadi momen istimewa dalam mempererat persaudaraan antar umat Kristiani di tanah Papua, di mana para peserta dari berbagai daerah di tanah Papua bertemu dan berlomba di satu tempat.

“Kegiatan ini saya yakin memberikan kontribusi positif bagi pembangunan tanah Papua. Melalui kegiatan ini juga terjalin komunikasi dan kerjasama yang semakin erat antara umat Kristiani di tanah Papua, semangat persaudaraan persatuan dan kesatuan yang pertama dalam Pesparawi ini diarahkan menjadi modal dalam membangun Tanah Papua yang damai, sejahtera dan makmur,”tuturnya.

Marie juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan Pesparawi ini.

“Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya, semoga kerja keras dan dedikasi yang telah ditunjukkan dapat membawa manfaat bagi seluruh umat Kristiani di tanah Papua,”tuturnya.

Pj. Gubernur Papua Barat, Dr. H. Ali Baham Temongmere mengapresiasi seluruh peserta Pesparawi yang telah menunjukkan dedikasi, semangat dan keterampilan yang patut diacungi jempol.

“Saya merasa sangat bangga dan terhormat bisa berada di tengah-tengah para peserta yang luar biasa ini. Tidak hanya suara Indah yang kita dengar, tetapi juga pesan-pesan perdamaian, persaudaraan dan cinta kasih yang disampaikan melalui nyanyian,”ucap Ali.

Ali berharap, semoga pengalaman dan pelajaran yang didapat selama melakukan Pesparawi ini dapat memotivasi semua peserta untuk terus berkarya mengembangkan bakat yang dimiliki.

“Meskipun acara ini harus berakhir, kami berharap semangat Pesparawi ini tidak berhenti sampai di sini. Marilah kita terus menjaga dan mengembangkan semangat kebersamaan, toleransi dan cinta kasih yang telah kita rasakan selama acara ini,”pungkasnya.

Diketahui, pada Pesparawi XIV ini terdapat 12 Kategori lomba pada Pesparawi XIV, dengan jumlah peserta sebanyak 1.746 dari 13 Kontingen dengan rincian:

  1. Kabupaten Manokwari 250 orang
  2. Kabupaten Fakfak 155 orang
  3. Kabupaten Bintuni 150 orang
  4. Kabupaten Kaimana 130 orang
  5. Kabupaten Wondama 126 orang
  6. Kabupaten mansel 70 orang
  7. Kabupaten Pegang 30 orang
  8. Kota Sorong 265 orang
  9. Kabupaten Sorong 160 orang
  10. Sorong Selatan 176 orang
  11. Kabupaten tambrauw 73 orang
  12. Raja Ampat 91 orang
  13. Kabupaten Maybrat 170 orang

Jumlah tersebut belum termasuk pengurus Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) dan peninjau dari masing-masing kontingen.

Pesparawi tersebut dibuka pada 22 Juni 2024 di Landscape Kantor Walikota Sorong oleh Pj. Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad, dan ditutup pada 27 Juni 2024 di ACC Aimas Kabupaten Sorong oleh Pj. Gubernur Papua Barat Dr. Ali Baham Temongmere.