Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerah

Pemda Kabupaten Jayapura Siapkan Rumah Tinggal Bagi Ibu dan Anak Keluarga Rentang Masalah

×

Pemda Kabupaten Jayapura Siapkan Rumah Tinggal Bagi Ibu dan Anak Keluarga Rentang Masalah

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura, Miryam Soumulena, Foto Yan Mofu/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten Jayapura menyiapkan rumah tinggal bagi ibu dan anak yang memiliki masalah dalam rumah tangga dengan tujuan agar ibu dan anak bisa tinggal sementara sebelum kembali ke rumahnya.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Jayapura, Miryam Soumulena, Jumat (31/5/2024). Ia menjelaskan bahwa saat ini rumah aman sangat penting di Kabupaten Jayapura untuk menampung anak-anak dan ibu-ibu yang bermasalah tidak bisa pulang ke rumah.

Example 300x600

Rumah tinggal yang disediakan Pemerintah Daerah itu tidak hanya untuk dijadikan tempat tinggal semata, melainkan mereka juga mendapatkan pengamanan dari pihak kepolisian serta pembekalan dari Dinas-dinas yang berperan untuk memberikan pembinaan kepada mereka sekaligus melihat skill atau kemampuan dari anak-anak maupun ibu-ibu sehingga mereka di tampung dalam rumah aman, contohnya seperti skill yang mereka miliki seperti menjahit maka akan di berikan bimbingan atau pembinaan pelatihan menjahit.

Untuk itu kata Miryam, pembinaan yang di lakukan Dinas P3A berkolaborasi dengan beberapa dinas terkait yakni Dinas Ketenaga Kerja, Dinas Sosial dan juga Dinas Tani Kebun dan Ternak, Sehingga anak yang umurnya masih bisa sekolah di tampung lagi ke panti-panti asuhan.

Kata Kepala Dinas P3A Kabupaten Jayapura Miryam Soumulena pihaknya sudah membahas hal tersebut dengan dinas terkait agar anak-anak yang berada di rumah amam itu harus di berikan pembinaan.

“Jadi kita harus buat seperti itu supaya anak-anak-anak yang di tampung bisa mendapatkan banyak teman sehingga di situ dia akan mengalami perubahan,” Kata Miryam Soumelena.

“Saya pernah membawa 1 anak yang hidupnya terbiasa dengan lem Aibon, di situ kami lihat dia mempunyai kemauan sekolah tinggi sehingga kami ambil dan membawanya ke panti asuhan yang berada di wilayah Kampung Yobeh Komba,” sambung Kepala Dinas P3A Kabupaten Jayapura.

Awalnya kata dia, Pihaknya melihat perkembangan anak-anak yang ditampung masih terpengaruh dengan kebiasaanya tetapi berjalannya waktu, mereka berubah karena pergaulannya di panti asuhan bersama teman-temannya, anak itu dituntun terus dengan doa dan firman tuhan pada akhirnya di dalam sekolah dia mendapatkan ranking 1

Untuk menyiapkan tempat tinggal bagi anak-anak bermasalah dalam rumah tangga di Kabupaten Jayapura, Dinas P3A bersama kepada Dinas Sosial agar tempat di samping Polres Jayapura yang pernah di gunakan oleh sekolah pelita harapan di rehab supaya jadi rumah aman untuk kepentingan menampung anak-anak supaya di bimbing dan kita tidak mau lihat bahwa anak-anak mengarah ke hal-hal yang negatif.

“Jadi jika ada yang bermasalah seperti salah paham kemudian istri takut pulang ke rumah itu bisaa tinggal di rumah aman sehingga di beri pendampingan untuk mereka ketika keluar ada kegiatan yang di lakukan itu juga dapat menghilangkan stres,” ujarnya.

Lebih Lanjut, Pengembangan Ekonomi ini kami lihat dari keterbatasan dana sehingga kita bertahap setiap tahunnya terus berjalan ke setiap distrik di situ ada berapa kampung akan tersalur pengembangan ekonominya. Jadi tidak sekaligus tapi semua itu bertahap setiap tahun.

Laporan : Yan Mofu

Example 300250
Example 120x600