Bisnis

Nindya Karya Bangun Asrama Mahasiswa Nusantara Pertama di Indonesia

×

Nindya Karya Bangun Asrama Mahasiswa Nusantara Pertama di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Proyek Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di Surabaya, Jawa Timur. Foto: Instagram/@nindyakarya.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Proyek Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) yang dikerjakan PT Nindya Karya (Persero) sudah mulai digunakan sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 29 November 2022 lalu.

AMN garapan Nindya Karya ini berlokasi di Jalan Jemur Andayani Nomor 1 Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Proyek ini dikerjakan selama 257 hari pelaksanaan dengan jumlah 2 unit tower, 184 kamar dan memiliki kapasitas total penghuni mencapai 540 orang.

Asrama ini akan dihuni oleh mahasiswa penerima beasiswa dari Sabang sampai Merauke yang berkuliah di Surabaya dan sekitarnya.

Bangunan ini mengadopsi konsep arsitektur tropis yang mengimplementasikan prinsip Bangunan Gedung Hijau.

Adapun AMN Surabaya dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, di antaranya kamar mandi, toilet umum, ruang ibadah, klinik, kantor pengelola, ruang makan, dapur, ruang laundry, dan ruang sekuriti.

“Hunian bersama bagi mahasiswa penerima beasiswa pendidikan dari berbagai daerah yang berkuliah di Surabaya dan sekitarnya,” dikutip dari siaran resmi Nindya Karya di Jakarta, Rabu (26/6/2024).

Setelah berhasil membangun AMN di Surabaya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga berencana membangun AMN di beberapa daerah di Indonesia.

Pembangunan AMN bertujuan sebagai wadah untuk mempersatukan mahasiswa dari berbagai suku bangsa, bahasa, kebudayaan dan agama, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, serta bersifat multi perguruan tinggi.

“Dengan dibangunnya gedung AMN ini, merupakan salah satu dukungan Nindya Karya dalam mendukung pendidikan berkualitas di Indonesia terutama dalam menghargai keberagaman suku dan budaya yang ada di Indonesia,” demikian keterangan BUMN konstruksi itu.