Bisnis

Emiten Keluarga Jusuf Kalla (BUKK) Raih Laba Bersih Rp711 Miliar, Aset Perusahaan Tembus Rp8,3 Triliun

×

Emiten Keluarga Jusuf Kalla (BUKK) Raih Laba Bersih Rp711 Miliar, Aset Perusahaan Tembus Rp8,3 Triliun

Sebarkan artikel ini
Direktur Bukaka Teknik Utama Teguh Wicaksana Sari (kiri) dan Direktur Bukaka Afifuddin Suhaeli Kalla (kanan). Foto: Morteza Syariati Albanna.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Emiten milik keluarga Jusuf Kalla, PT Bukaka Teknik Utama (BUKK) menorehkan catatan positif pada tahun 2023 dengan meraih laba bersih mencapai Rp711 miliar atau naik 53,81% dibandingkan tahun 2022. Adapun total aset Perusahaan pada tahun lalu juga mengalami kenaikan drastis 33,87%, menjadi Rp8,379 triliun.

Direktur Bukaka, Teguh Wicaksana Sari mengungkapkan, Perseroan juga mencatatkan peningkatan nilai penjualan sebesar 23,67% menjadi sebanyak Rp5,128 triliun. Sementara investasi pada perusahaan asosiasi naik 40,96%, menjadi Rp3,234 triliun.

“Tahun 2023, Perseroan berhasil mencatatkan kinerja positif dalam beberapa aspek apabila dibandingkan dengan catatan pada tahun 2022,” kata Teguh dalam acara Public Expose di Kantor Bukaka, Jalan Raya Narogong, Cileungsi, Bogor, Jawa Barat pada Rabu (12/6/2024).

Teguh berujar, sepanjang tahun 2023, Bukaka menorehkan beberapa milestone yang sangat berarti dalam sejarah perjalanan bisnis perseroan.

Bukaka mendirikan anak perusahaan baru yang berkedudukan di Oman. Dia mengatakan perseroan melalui anak usahanya PT Bukaka Mega Investama mendirikan perusahaan baru bernama Bukaka International LLC.

Bukaka International LLC didirikan guna mengembangkan bisnis BUKK di bidang penyediaan alat pendukung kegiatan pertambangan di wilayah negara-negara Timur Tengah.

Selanjutnya, melalui PT Baja Titian Utama, anak usaha yang didirikan tahun 2021 lalu, BUKK berhasil menyelesaikan proyek konstruksi dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Berupa proyek penggantian dan atau Duplikasi Jembatan Callendar Hamilton (CH) di 37 lokasi di Pulau Jawa,” ujarnya.

Perseroan pada tahun 2023 juga menggarap steel tower, kegiatan usaha manufaktur dan konstruksi jaringan transmisi tegangan tinggi dan ekstra di Indonesia, serta tower telekomunikasi. Bukaka menggarap proyek milik Huawei, Mitratel, Tower Bersama Group, Centratama Menara Indonesia, dan PLN.

Berkaitan dengan segmen usaha steel bridge, tahun 2023 lalu Bukaka menggarap kegiatan engineering, procurement, fabrikasi, konstruksi, dan penyewaan alat-alat konstruksi dengan kliennya seperti Kementerian PUPR, Waskita Karya (Persero) Tbk, Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Brantas Abipraya (Abipraya), dan PT Acset Indonusa Tbk.

Direktur Bukaka Afifuddin Suhaeli Kalla melanjutkan, lebih dari tiga dekade, Perseroan telah membangun reputasi unggul sebagai satu-satunya produsen garbarata di Indonesia. Bahkan, termasuk dalam lima produsen garbarata terkemuka di dunia.

Afifuddin melaporkan, selama tahun 2023, Bukaka telah memproduksi 12 unit garbarata untuk memenuhi kebutuhan di bandara nasional antara lain di Samarinda, Ibu Kota Nusantara (IKN), dan Kediri.

“Juga India dan kebutuhan ekspor ke negara Jepang (Tottori, Saga, Haneda, dan Sendai). Total sebanyak 36 unit dikirim ke berbagai airport di India melalui Bukaka Three D Private Limited,” ujarnya.

Afifuddin menambahkan, tahun ini tercatat Bukaka memiliki proyek Passenger Boarding Bridge untuk Thailand, Filipina, Saudi Arabia, dan Malaysia.

Kemudian, dalam segmen Oil & Gas Equipment, hingga 31 Desember 2023, Perseroan telah memproduksi lebih ari 6.514 unit pompa dengan beragam spesifikasi.

“Pada tahun ini Perseroan juga telah melakukan ekspor perdana Beam Pumping Unit ke Oman sebagai bentuk ekspansi bisnis ke negara-negara Timur Tengah. Saat ini Perseroan juga terlibat di beberapa proyek antara lain jasa-jasa pengadaan, pemasangan, perbaikan, dan perawatan mekanikal pumping unit PT Pertamina Hulu Rokan,” ucapnya.

Bukaka juga menggarap pekerjaan steel structure untuk PT Daikin Indonesia di Karawang. Selain itu, ada project juga dengan Daiwa House, Takenaka Indonesia, Nusa Raya Cipta, dan Taisei Pulau Intan.

Ia melanjutkan, Bukaka melalui unit usahanya juga memproduksi Special Purpose Vehicle antara lain Fire Fighting Truck, Aerial Telescopic Ladder, Vacuum Road Sweeper, Aerial Platform Articulating, Compactor Truck, Arm Roll Truck, Dump Truck, Water Tank Truck, Vacuum Truck, Fire Jeep, Wrecker Truck, Catering Truck, Stick Boom Crane Truck, dan Service & Reconditing of Fire Fighting Truck.

Sejumlah perusahaan besar telah menjadi pelanggan utama dari segmen bisnis ini di antaranya Pertamina, Pelindo, Angka Pura 1 dan 2, serta Kepolisian RI.

“Sepanjang tahun 2023 Perseroan telah menorehkan beberapa milestone yang sangat berarti dalam sejarah perjalanan bisnis Perseroan. Saat ini Perseroan juga sedang mengerjakan beberapa proyek strategis di beberapa lini bisnis yang ada, seperti proyek transmisi tenaga listrik, boarding bridge, infrastruktur jalan dan jembatan, serta pengembangan energi baru terbarukan (EBT),” kata dia memungkasi.