Nasional

Bambang Susantono Resmi Mundur,Lepas Kursi Kepala Otorita IKN Jelang Upacara 17 Agustus

×

Bambang Susantono Resmi Mundur,Lepas Kursi Kepala Otorita IKN Jelang Upacara 17 Agustus

Sebarkan artikel ini
Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono. Foto: Otorita IKN.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe resmi mengundurkan dari jabatan Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), jelang upacara bendera yang rencananya akan dilakukan pada 17 Agustus 2024 mendatang di IKN, Kalimantan Timur.

Padahal, Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sedianya menjabat hingga 2027 mendatang. Namun, keduanya memutuskan kompak mundur. Bambang dan Dhony sudah menjadi bagian dari Otorita IKN terhitung dua tahun, tepatnya sejak dilantik pada 10 Maret 2022 lalu.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Keputusan Presiden (Keppres) yang menyatakan pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari kursi otorita IKN.

Keppres Jokowi itu juga sekaligus mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri Agraria, Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menjelaskan, pengunduran diri Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala (OIKN) sebenarnya sudah dibicarakan dengan Presiden Joko Widodo sejak lama. Setelah pembicaraan dengan presiden barulah Dhony menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Wakil Kepala Otorita IKN.

Sesudahnya, Bambang Susantono menyusul menyampaikan surat pengunduran diri sebagai Kepala Otorita IKN kepada presiden. Hanya saja, surat keputusan pemberhentian kedua tokoh tersebut baru terbit setelah pengunduran diri keduanya diproses.

“Itu sudah lama kok itu pembicaraan. Tapi surat (Keppres pemberhentian dengan hormat) memang baru (terbit),” ujar Pratikno dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Senin (3/6/2024).

Namun, Pratikno tidak ingat persis tanggal berapa keduanya menyampaikan hal yang berkaitan dengan pengunduran diri.

Pratikno hanya menyebutkan, Bambang selanjutnya akan ditugaskan membantu langsung Presiden Jokowi dalam memperkuat kerja sama internasional untuk percepatan pembangunan IKN.

“Pak Bambang Susantono akan diberi penugasan baru, membantu langsung Bapak Presiden untuk memperkuat kerja sama internasional bagi percepatan pembangunan IKN,” ujar Pratikno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *