Berita

Unggul di Survei LKPI, Tri Ardhianto Miliki Kemampuan Pimpin Bekasi

×

Unggul di Survei LKPI, Tri Ardhianto Miliki Kemampuan Pimpin Bekasi

Sebarkan artikel ini
Eks Wali Kota Bekasi periode 2018-2023, Tri Adhianto Tjahyono. Foto: ist.

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Dari hasil penelitian awal melalui media online dan elektronik yang dilakukan Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) nama nama bakal calon walikota Bekasi diantaranya ada nama Tri Adhianto Tjahyono, Ade Puspitasari, Heri Koswara, Gus Sholihin, Novel Saleh Hilabi, Mochtar Mohamad, Sigit Purnomo.

Direktur Eksekutif LKPI Togu Lubis mengatakan dari penelitian ini dilakukan uji Preferensi Publik terhadap masyarakat kota Bekasi pada tanggal 3 -14 Mei 2024 dengan melakukan survei kepada 1800 warga Bekasi yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap pada pemilu 2024 .

“Dalam penarikan sample yang diuji LKPI mengunakan metode multistage random sampling dengan mengunakan populasi DPT pemilu 2024 di Kota Bekasi, tersebar secara proposional di 56 kelurahan di kota Bekasi , dan hasil survei ini memiliki Margin of Error 2,3 persen dengan Tingkat kepercayaan 95 persen,” kata Togu Lubis dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (29/5/2024).

Togu Lubis menyebutkan hasil dari temuan survei menunjukan tingkat popularitas Tri Adhianto yang merupakan mantan walikota Bekasi yang baru saja selesai masa jabatanya, paling dikenal oleh warga kota Bekasi dengan nilai 88,2 persen, disusul oleh ,Ade Puspitasari 56,2 persen , Heri Koswara 54,2 persen, Sigit Purnomo alias Pasha Ungu 50,2 persen Mochtar Mohamad 47,2 persen, Gus Sholihin 30,2 persen , Novel Saleh Hilabi 28,6 persen.

“Tinggi tingkat popularitas Tri Adhianto memang sangat wajar karena di saat adanya pandemic covid 19 kinerja penangunglangan covid di Kota Bekasi paling berhasil di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu kata dia, dari tingkat Akseptabilitas atau penerimaan publik terhadap nama nama bakal calon walikota Bekasi, kembali nama Tri Adhianto menjadi nama yang paling tinggi penerimaan oleh warga kota Bekasi dengan nilai 87,8 persen, disusul oleh, Heri Koswara 51,7 persen,Ade Puspitasari 50,9 persen Sigit Purnomo alias Pasha Ungu 45,9 persen Mochtar Mohamad 40,2 persen, Gus Sholihin 28,9 persen , Novel Saleh Hilabi 26,4 persen.

Untuk menguji tingkat preferensi warga Kota Bekasi terhadap pilihan warga Kota Bekasi untuk nama walikota Bekasi, dilakukan simulasi dengan pertanyaan terbuka terhadap 1800 warga Kota Bekasi dengan pertanyaan Jika Pemilihan Walikota Bekasi digelar hari ini siapa yang akan dipilih maka, hasilnya Tri Adhianto menjadi pilihan yang paling tinggi dipilih oleh warga Kota Bekasi dengan tingkat keterpilihan hingga 27,1 persen, disusul oleh Heri Koswara 12,2 persen, Ade Puspitasari 10,3 persen, Sigit Purnomo 8,1 persen dan Mochtar Mohamad 4,8 persen dan nama nama tokoh lainnya jika dijumlahkan 17,2 persen dan yang tidak menjawab sebanyak 20,3 persen.

Dengan simulasi tertutup mengunakan kertas kuisioner yang diberikan nama nama bakal calon walikota Bekasi dengan diberikan pertanyaan tokoh mana yang akan dipilih jika pemilihan walikota Bekasi digelar hari ini?

“Hasilnya nama Tri Adhianto tetap menjadi tokoh yang paling tinggi tingkat keterpilihan dengan dipilih sebanyak 39,4 persen disusul oleh Heri Koswara 20,2 persen, Ade Puspitasari 10,8 persen,Sigit Purnomo 8,3 persen, Mochtar Mohamad 5,1 persen ,Gus Sholihin 3,1 persen , Novel Saleh Hilabi 2,6 persen dan yang tidak memilih sebanyak 10,5 persen,” ungkapnya.

Sementara itu, dari hasil survei ditemukan Harapan Masyarakat Kota Bekasi pada Bakal Calon Walikota & Wakil Walikota yang terpilih yaitu sebanyak 78,8 persen berharap mampu menstabilkan harga sembako, sayur mayur, sama kebutuhan dapur.

Sebanyak 89,3 persen terbukanya lebih banyak lapangan kerja untuk warga Kota Bekasi hal ini didasarkan keluhan mayoritas masyarakat Kota Bekasi yang anak anaknya sekarang susah banget dapet kerja.”Sebanyak 87,6 persen berharap program Pendidikan gratis. Sebanyak 88,3 persen berharap fasilitas kesehatan gratis,” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *