Scroll untuk baca artikel
Example 525x600
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

DiskominfoSandi Malteng Belajar Kembangkan Smart City di Pemkot Ambon

×

DiskominfoSandi Malteng Belajar Kembangkan Smart City di Pemkot Ambon

Sebarkan artikel ini
Plt. Kepala DiskominfoSandi Kota Ambon, Ronald H. Lekransy, saat menerima kunjungan DiskominfoSandi Malteng, di lantai IV, Gedung A, Balai Kota Ambon, Rabu (29/5/2024). Foto-Ist/TN
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DiskominfoSandi) Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), kembali melakukan kunjungan kerja yang ketiga kalinya di Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dan diterima langsung oleh Plt. Kepala DiskominfoSandi Kota Ambon, Ronald H. Lekransy, di ruang rapat Command Center (CC), lantai IV, Gedung A, Balai Kota Ambon, Rabu (29/5/2024).

Pertemuan tersebut bertujuan untuk sharing pengalaman, terkait dengan pemanfatan teknologi informasi dan komunikasi dalam berbagai aspek pemerintahan dan pelayanan publik, menuju konsep kota/kabupaten yang Smart.

Example 300x600

“Kebetulan saja Kota Ambon berproses lebih awal, dalam kaitan dengan konsep smart city, atau kota cerdas sebagaimana program pemerintah pusat. Jadi perjumpaan Ini adalah momen kita berbagi pengetahuan dan informasi, bagaimana menyiapkan master plan smart city, dan bagaimana menyiapkan SDM, membangun konsolidasi (melibatkan semua OPD), stakeholders. Termasuk gagasan dan konsep membangun ruang comment center, serta bagaimana mengelola SP4N Lapor, serta pentingnya pelibatan pimpinan daerah dalam menunjang smart city,” jelas Lekransy kepada wartawan, di Ambon, Kamis (30/5/2024).

Lanjutnya, sharing yang dilakukan bersifat dua arah, sehingga tak hanya pihak Diskominfosandi Kota Ambon yang berbagi pengalaman, namun Diskominfosandi Malteng juga memberikan berbagai pengalaman yang dimiliki, terkait upaya yang sudah dilakukan serta langkah-langkah pengembangan apa saja yang sedang dan akan dilakukan.

“Sehingga pertemuan ini baik Kota Ambon maupun Kabupaten Malteng bisa saling belajar dari setiap proses yang sudah dilakukan. Agar ketika Malteng bikin bagus, Ambon bikin bagus, Kota/Kabupaten lain di Maluku lakukan hal yang sama, maka digitalisasi dalam pelayanan publik di provinsi ini akan semakin maju,” kata Ronald.

Sementara, Kepala DiskominfoSandi Kabupaten Malteng, Corneles Saparue yang ditemui usai memantau ruang CC mengungkapkan, kunjungan kerja tersebut sangat mengesankan, lantaran kedatangannya disambut dengan baik oleh pimpinan tertinggi pada dinas tersebut beserta kepala bidang, kepala seksi, dan staf.

“Kesan di KominfoSandi Kota Ambon bagi saya luar biasa, informasi didapatkan dengan mudah, pertanyaan-pertanyaan saya dapat dijawab, banyak informasi yang saya dapati disini. Saya juga mengapresiasi kerja teman-teman bidang-bidang, seksi-seksi juga, staf yang berada di ruang CC yang luar biasa. Ini salah satu fasilitas yang harus dimiliki oleh semua kabupaten/kota di Maluku. Semua pengurusan terintegrasi dari tingkat yang paling bawah (RT) sampai ke atas,” jelasnya.

Dia berharap, setelah kembalinya ke lingkup kerjanya, hal ini dapat dipersiapkan dengan baik agar kedepannya Malteng setara dengan Kota Ambon, guna mengembangkan Smart City.

“Ke depannya mungkin kita akan tetap menjadi mitra, untuk bisa sharing berbagai program kegiatan. Mungkin itu kami akan mulai dengan penyiapkan master plan smart city, sebagai pedoman dalam melaksanakan program pembangunan di Maluku tengah,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Kepala DiskominfoSandi Kabupaten Malteng, Hengky Tomasoa, telah 2 (dua) kali bertandang ke CC Pemkot Ambon, yakni pada tahun 2022 dan 2023 lalu.

Example 300250
Example 120x600