Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita

11 Tips agar Perjalanan Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

×

11 Tips agar Perjalanan Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi sekeluarga mudik Lebaran. (freepix).
Example 468x60

TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah datang beberapa hari lagi. Bagi sebagian orang yang belum dan hendak berangkat mudik, sebaiknya mempersiapkan hal-hal penting karena sangat dianjurkan.

Agar perjalanan mudik aman dan nyaman, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Berikut tips tentang persiapan mudik Lebaran, dikutip dari situs Mandiri Tunas Finance, Senin (17/4/2023).

Example 300x600
  1. Perhatikan kondisi tubuh

Supaya mudik berjalan nyaman, aman, dan lancar, pemudik harus memastikan kondisi tubuhnya sehat dan prima. Tentu saja untuk menjaga kondisi tubuh, calon pemudik perlu meluangkan waktu untuk beristirahat yang cukup.

  1. Cek kondisi kendaraan

Hal kedua yang perlu dipersiapkan adalah mengecek kondisi kendaraan jika ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, dan pastikan semua dalam keadaan layak jalan.

  1. Pahami rute tujuan

Supaya tidak membuang-buang waktu karena tidak melewati rute yang tepat, calon pemudik perlu memahami rute perjalanan mudik yang hendak ditempuh. Pilih-lah rute yang tepat menuju kampung halaman.

  1. Cek bahan bakar kendaraan

Mengecek ketersediaan bahan bakar kendaraan juga penting untuk mencegah hal yang tidak diinginkan agar tidak kehabisan bahan bakar. Pengemudi diharuskan mengetahui letak stasiun pengisian bahan bakar jauh dari posisi perjalanan atau tidak. Lebih baik, penuhi tangki bahan bakar kendaraan sebelum memulai atau menempuh perjalanan jauh.

  1. Periksa saldo e-money

E-money sekarang menjadi salah satu syarat perjalanan yang penting karena dompet elektronik ini dipergunakan sebagai sarana untuk membayar biaya tol atau bisa dipakai berbelanja di mini market.

  1. Sediakan makanan ringan

Mudik masih dalam hari bulan Ramadan memungkinkan pemudik kadang harus melewatkan waktu berbuka atau sahur sebelum mendapatkan tempat beristirahat yang dinilai nyaman. Maka itu membawa persediaan makan atau takjil serta air minum untuk berbuka puasa sangat membantu.

  1. Sediakan obatan-obatan seperlunya

Ada baiknya calon pemudik juga perlu menyediakan obat-obatan pribadi, dan mungkin kotak P3K di mobil untuk berjaga-jaga.

  1. Sediakan perlengkapan prokes

Karena masih dalam situasi pandemi, Anda harus memastikan ketersediaan masker dan hand sanitizer di mobil yang sangat penting untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan lainnya.

  1. Tetap mengindahkan prokes

Tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) selama perjalanan mudik maupun saat di kampung halaman adalah hal penting guna menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

  1. Patuhi peraturan lalu lintas

Berkendaralah dengan aman (safety riding) selama perjalanan mudik dan patuhi peraturan lalu lintas agar perjalanan mudik lancar dan aman.

  1. Jangan lupa berdoa

Jangan lupa berdoa kepada Tuhan YME agar perjalanan mudik senantiasa dalam lindungan-Nya.

Example 300250
Example 120x600