Atlet Wushu Jabar, Zora saat foto bersama. Foto-Getty/TN

 2,698 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Kontigen Jawa Barat berhasil meraih emas pertama dari cabang olahraga (Cabor) wushu PON XX Papua tahun 2021 yang dipertandingkan di Klaster Merauke.

Emas pertama tersebut dipersembahkan atlet wushu Taolu, Zoura Nebulani yang tampil pada kategori pedang tombak panjang dan pendek putri. Di usai yang masih belia 17 tahun, Zoura mendapatkan medali emas, dan memperoleh 1 medali perak.

‘’Saya senang sekali karena bisa mendapatkan emas pertama wushu di PON XX Papua,’’ kata Zoura Nebulani kepada wartawan di LP RRI Merauke, Sabtu (02/10).

Diakui, tidak pernah terlintas dalam pikirannya untuk mendapatkan medali emas. Yang dipikirkannya hanya bagaimana memberikan yang terbaik dan permainan terbaik. ‘’Aku sih bagaimana memberikan yang terbaik dan permainan terbaik,’’ katanya.

Menariknya, Zoura Nebulani dilatih oleh ayahnya sendiri Gorane Bulana. Bahkan, sejak umur 3 tahun dirinya sudah diperkenalkan dengan olahraga wushu, ingga dirinya dipersiapkan untuk tampil pada ajang PON XX Papua.

Setelah meraih medali emas di PON XX, Zoura mengaku punya target untuk bisa tampil pada Sea Games. Sebagai motivasi, Zoura memberi pesan kepada seluruh putra-putri Indonesia khususnya di Papua dan Merauke, bahwa tidak ada yang mustahil untuk meraih kesuksesan, asalkan bekerja keras disertai doa pasti tercapai.

Gorane Bulana, ayah dari Zoura Nebulani menjelaskan bahwa dirinya merupakan kelahiran Timika Papua. Sampai 13 tahun, kemudian pindah ke Jawa Barat. Selama ini, jelas dia, selalu punya keinginan untuk kembali ke Papua dan dapat berkontribusi sedikit banyak untuk Papua.

‘’Mungkin mulai inspirasi dari anak saya mudah-mudahan lebih memperkenalkan olahraga wushu ini untuk teman-teman di Papua,’’ terangnya.

Ketua Korwil Kontingen Jawa Barat PON XX Papua untuk Klaster Merauke Brigjen TNI (Purn) Yudi Zanibar mengaku pihaknya tidak pernah membayangkan Zoura akan mendapatkan medali emas.

Pertama, karena usianya yang masih sangat muda,17 tahun, juga karena lawannya dari Jatim dan DKI dari pelatnas. ‘’Tapi Zoura dapat emas dan perak,’’ jelasnya.

Yudi menambahkan bahwa selain 1 medali emas dan perak yang diraih tersebut, 2 atlet wushu dari kategori Sanda masuk ke babak final yang akan dipertandingkan Minggu (03/10) besok.

Berita lain untuk anda

AirAsia Mengoperasikan Kembali Rute Sorong – Jakarta Mulai Desember

 4,290 kali dilihat 4,290 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Mulai awal bulan Desember AirAsia akan mengoperasikan…

PKPI PB Sebarkan 1.500 Paket Sembako Kepada Warga Dampak C-19

 2,608 kali dilihat 2,608 kali dilihat Manokwari,TN– Dewan Pimpinan  Provinsi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (DPP-PKPI)…

Pemprov Sulsel Jadikan Vaksin Sebagai Syarat Pencairan TPP

 3,231 kali dilihat 3,231 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi…

Masyarakat Suku Sebyar Distrik Taroi Berkomitmen Bungkus PMK2 di Pilkada Bintuni

 3,632 kali dilihat 3,632 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TAROI – Ratusan masyarakat Suku Sebyar di Distrik Taroi…

Jadi Pj Walikota Sorong, George Yarangga Fokus Pada Penanganan Banjir

 2,168 kali dilihat 2,168 kali dilihat TEROPONGNEWS.COOM,SORONG – George Yarangga kini telah sah menjad Penjabat (Pj)…

Pemprov Sulsel Usul Kenaikan Gaji Guru Honorer

 2,763 kali dilihat 2,763 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) akan menaikkan…

Festival Musik Rakyat Bakal Digelar di Pattimura Park

 2,716 kali dilihat 2,716 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik…

Per 28 Maret ODP Covid 19 di Papua 2311 Orang, PDP 43 Orang

 2,636 kali dilihat 2,636 kali dilihat Jayapura, TN – Perkembangan Covid 19 di Papua kembali mengalami…

Tim Paniki Polsek Sentani Kota Membekuk Pelaku Curanmor Beserta Barang Bukti Sepeda Motor

 2,646 kali dilihat 2,646 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Pria berinisial JT berumur 27 Tahun warga…

Puan Maharani: Pemilu Tetap Digelar 14 Februari 2024

 2,712 kali dilihat 2,712 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani mengomentari pernyataan…