sejumlah wisatawan saat berada di Goa Kali Walal, Misool Utara, Raja Ampat. (Foto:Mega/TN)

 5,312 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM,RAJA AMPAT – Pulau Misool merupakan salah satu pulau terbesar di Kabupaten Raja Ampat dan mempunyai destinasi wisata yang menarik dan indah, baik di laut maupun daratnya. Sisi Misool bagian Utara memiliki potensi wisata yang juga tak kalah menariknya dari Misool bagian Selatan namun belum banyak diketahui orang.

Untuk mencapai pulau ini, wisatawan dapat menggunakan transportasi laut dari pelabuhan Usaha Mina Kota Sorong.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 malam, kapal akan sandar di pelabuhan kampung Salafen yang juga terhubung dengan kampung Waigama, Misool Utara.

Di kampung Waigama tepatnya, wisatawan bisa menyewa homestay (rumah warga lokal yang disewakan untuk tempat menginap para wisatawan). Kita dapat menginap dengan jangka waktu yang sudah disepakati.

Homestay di kampung Waigama sudah sejak awal digagas oleh masyarakat setempat dalam menerima tamu. Nah, untuk meningkatkan pelayanan serta pengembangan destinasi wisata, masyarakat mendapatkan berbagai pelatihan dan bimbingan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Papua Barat bersama Fauna & Flora International’s Indonesia Program (FFI’s IP) Raja Ampat Office.

Terlepas dari pada itu, banyak spot wisata alam yang ditawarkan di daerah tersebut, di antaranya;

1. Spot Ketam Kenari (kepiting pemakan kelapa) di pulau Nanisa.

Ketam Kenari yang dijumpai di pulau Nanisa di Misool Utara, Raja Ampat. (Foto:Mega/TN)

Wisatawan akan diantar oleh guide lokal di sana untuk mengunjungi dan melihat Ketam Kenari di Pulau Nanisa, Misool utara. Ketam ini dikenal karena kemampuannya mengupas buah kelapa dengan capitnya yang kuat untuk memakan isinya. Hewan ini memiliki nama latin Birgus Latro dan saat ini statusnya vulnerable oleh IUCN Redlist dan dilindungi oleh Peraturan Menteri LHK No.106 Tahun 2018.

2. Spot Sport Fishing di Pulau Nampale,

Nikmati keseruan mancing di Pulau Nampale. (Foto:Mega/TN)

Di Misool Utara, kita bisa menemukan ratusan jenis ikan. Saat melakukan aktivitas memancing, para wisatawan harus ditemani guide lokal, sebab tidak semua wilayah perairan Raja Ampat diizinkan untuk area wisata memancing.

Di sejumlah kawasan lautnya terdapat kawasan yang sudah menjadi area konservasi lindung adat dan penerapan sasi oleh masyarakat adat setempat.

3. Spot Wisata Goa Ular.

Spot wisata Goa Ular di Misool Utara. (Foto:Mega/TN)

Bagi Anda pecinta wisata alam, wisata goa di Misool Utara ini menjadi destinasi liburan penjelajahan yang menyenangkan.

Sebelum sampai ke spot Goa Ular, kita akan melewati lembah dan Anda akan dibuat terpukau dengan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi dinding goa.

Dinamakan Goa Ular karena pada dinding goa tersebut ditemukan jejak berupa kulit ular yang terkelupas dan ukurannya cukup besar.

Selain memiliki keindahan alam, Goa Ular juga menyimpan cerita sejarah oleh masyarakat Misool Utara. Menurut cerita warga, goa tersebut pernah dijadikan tempat persembunyian saat terjadi peperangan dengan Belanda.

4. Spot Air Panas, Kali Fakamuk

Di spot air panas Kali Fakamuk, Misool Utara, kita bisa merendam kaki dan merasakan sensasi air hangat yang mengandung belerang sambil menikmati alam sekitar. (Foto: Sandy)

Tidak jauh dari Goa, kita akan menemukan sebuah kolam kecil. Di mana kolam tersebut dialiri air panas yang keluar dari celah bebatuan dan mengalir hingga ke arah muara.

Pastinya kita merasa lelah selama perjalanan menuju Goa Ular sebelumnya. Namun jangan khawatir di kolam kecil ini, kita bisa merendam kaki dan merasakan sensasi air hangat yang mengandung belerang itu sambil menikmati alam sekitar.

5. Berenang di Kali Walal.

Di Kali Walal, Misool Utara kita akan menemukan air terjun mini yang mengalir dari bebatuan. (Foto:Mega/TN)

Kali Walal merupakan salah satu destinasi wisata air tawar alami yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Lokasi Kali Walal berada di kawasan kampung Atkari, Distrik Misool Utara, Kabupaten Raja Ampat.

Oh ya, dalam perjalanan memasuki area kali walal, kita akan menemukan sebuah goa yang lantai dasarnya adalah air kali yang aktif mengalir di sepanjang lorong goa.

Penampakan pertama yang akan kita lihat adalah kejernihan air kali dari dalam goa itu berwarna kebiruan.

sejumlah wisatawan saat berada di Goa Kali Walal, Misool Utara, Raja Ampat. (Foto:Jesihando Rafael)

Tidak jauh dari Goa, kita akan akan menemukan air terjun mini yang mengalir dari bebatuan yang ada di Kali Walal. Bagi yang tidak bisa berenang, guide lokal akan menyarankan untuk menggunakan lifejacket, sebab kedalaman mencapai 3 meter.

Jika ingin berlibur di kawasan Misool Utara dan menikmati spot wisata alamnya, kita bisa memesan paket Wisata Misool Utara dengan menghubungi contact person yang tertera di bawah ini:

  1. Abdul Rahaman : 085244882992
  2. Sealtiel : 082237782028.
Berita lain untuk anda

Pengukuhan Ketua DPP dan Ketua Orlok Kabupaten Merauke Dikukuhkan

 10,376 total views (dibaca)  10,376 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Organisasi Amatir Radio Indonesia Daerah Papua…

Dokter Nevile: Mau Varian Apapun yang Penting Prokes dan Vaksin

 1,566 total views (dibaca)  1,566 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM – Agar tetap kuat dan tidak tertular virus…

Pertamina RU VII Kasim Sosialisasi Proyek EPC Open Acces Jety III ke Pemkot Sorong

 1,496 total views (dibaca)  1,496 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Team management PT Kilang Pertamina Internasional…

Papua Juara Dua Cabor Catur Setelah Jawa Barat

 1,483 total views (dibaca)  1,483 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tuan rumah, Papua keluar sebagai runner…

DPRD Sarankan Sekolah Tatap Muka Mulai Dilakukan

 1,460 total views (dibaca)  1,460 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – DPRD Provinsi Maluku menyarankan agar sekolah…

Jelang Kedatangan Presiden Jokowi Ke Sorong, Jalan Rusak Disulap Jadi Mulus

 1,448 total views (dibaca)  1,448 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Beberapa titik jalan yang ada di…

Rusuh di Yahukimo 6 Meninggal, 41 Luka-luka

 1,425 total views (dibaca)  1,425 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Polisi berhasil mengamankan 50 orang terduga…

Pimpin Apel Pagi di Pemkot Sorong, Pj Gubernur PB Tekankan Pengabdian terhadap Masyarakat

 2,670 total views (dibaca)  2,670 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG –Apel gabungan Aparatur Sipil Negera (ASN) di…

Kantor DPRD Maluku Terancam Ditutup Sementara, Ini Pemicunya

 1,509 total views (dibaca)  1,509 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kantor DPRD Provinsi Maluku terancam ditutup…

SDM di Disdukcapil Halteng Masih Terbatas

 1,422 total views (dibaca)  1,422 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil…