Ibu Ika Puspitasari, istri dari Koptu Didik Irianto, salah satu anggota Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad yang sedang menjahit Masker Royal 12. Foto-Ist/TN

 449 total views (dibaca)

Ambon, TN – Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk memerangi wabah Virus Corona (Covid-19), yang saat ini sedang mewabah di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Mulai dari rencana pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), hingga upaya terus menerus pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis, dan research tanpa henti terkait virus SARS-COV-2 penyebab Covid-19.

Bahkan kekinian, organisasi kesehatan dunia WHO telah mengeluarkan himbauan untuk memakai masker dalam setiap aktivitas, dan berlaku untuk semua orang. Himbauan inipun telah diberlakukan sejak 05 April 2020 lalu.

Namun, karena keterbatasan masker medis yang ada dipasaran, maka disarankan bagi masyarakat, agar memakai masker kain dengan tetap memperhatikan standar kesehatan tentunya.

Hal inilah yang mendasari gagasan Danyonarmed 12/Divif 2 Kostrad, Letkol Arm Ronald F Siwabessy untuk menyediakan masker bagi para anggota dan keluarganya. Dengan memanfaatkan ketrampilan menjahit yang dimiliki salah satu anggota Persit di satuannya, ratusan masker akan diproduksi secara home made.

Adalah Ibu Ika Puspitasari, istri dari Koptu Didik Irianto salah satu anggota Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad ini telah berhasil membuat masker menggunakan bahan sederhana menjadi masker istimewa, yang diberi nama Masker Royal12.

Dengan bahan dasar kain ponco anti air, kata Siwabessy, masker produksi Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad ini sangatlah efektif, karena dapat dicuci dan digunakan berkali kali.

“Selain itu, masker ini istimewa karena memiliki double protection layer, melalui cara menyelipkan masker medis ataupun tissue ke dalamnya untuk menambah proteksi, jika diperlukan tentunya,” ujar Letkol Ronald Siwabessy saat menghubungi Teropongnews.com, di Ambon, Selasa (7/4).

Masker Royal 12 yang kemudian dibagikan kepada personil Yonarmed 12/Divif 2 Kostrad. Foto-Ist/TN

Rencananya, lanjut Siwabessy, masker ini akan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan masker bagi seluruh anggota dan keluarga.

Menurut Siwabessy, langkah yang diambilnya ini adalah untuk mantaati himbauan pemerintah dalam upaya memerangi Covid-19. Dengan pemakaian masker dalam setiap aktivitas, merupakan salah satu tindakan untuk melindungi diri dari penyebaran virus.

“Namun demikian seluruh prajurit dan keluarganya agar mengurangi aktivitas sosial, apabila tidak terlalu penting lebih baik di rumah saja, agar tidak terjangkit virus yang kian mewabah saat ini.

“Jadilah pahlawan kemanusiaan, dengan diam di rumah, dan menjaga kesehatan pribadi,“ ujar Siwabessy, Pamen TNI AD kelahiran Ambon Manise itu.

Berita lain untuk anda

Gubernur Sulsel Cek Suhu Tubuh di Unhas, Antisipasi dan Cegah Corona

 450 total views (dibaca)  450 total views (dibaca) Makassar, TN – Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah, melakukan…

Kilang Kasim, Raih Proper Emas Pertama Untuk Indonesia Timur

 402 total views (dibaca)  402 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Kilang Kasim…

Ranperda APBD 2021 Disetujui Pemprov dan DPRD Sulsel

 461 total views (dibaca)  461 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Gubernur Provinsi Sulsel, Nurdin Abdullah menghadiri…

Belasan Calon Bintara TNI AU Ikuti Tes Kesehatan Pertama

 474 total views (dibaca)  474 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Sebanyak 18 calon Bintara TNI AU…

Pjs Gubernur Kaltara Minta Seluruh Elemen Masyarakat Siaga Bencana

 452 total views (dibaca)  452 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TANJUNG SELOR – Menjelang akhir tahun 2020, Pjs…

67 Hasil Swab Dinyatakan Negatif, Masyarakat Kaimana Tetap Mentaati Porotokol Kesehatan

 414 total views (dibaca)  414 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KAIMANA- Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 kabupaten Kaimana…

TP PKK Sulsel Gagas Budidaya Talas Satoimo Untuk Terus Dikembangkan

 455 total views (dibaca)  455 total views (dibaca) Makassar, TN – Memaksimalkan segala potensi Sumber Daya Alam…

Pieter Konjol : Kewenangan Hasil CPNS 2018 Dikembalikan ke Daerah adalah Tanggungjawab Kepala Daerah

 420 total views (dibaca)  420 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA- Persoalan pengumuman hasil tes CPNS formasi tahun…

50 Paket Sembako Bantuan Gubernur di Terima Pendeta dan Jemaat Pantekosta

 460 total views (dibaca)  460 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AIMAS – Sebanyak 50 paket sembako bantuan dari…

Tutup Turnamen Samudera Soccer U-14, Wabup Raja Ampat : Harapannya Tingkatkan Prestasi Generasi Muda

 459 total views (dibaca)  459 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam,…