Yan Permenas Siap Bantu Perjuangkan Program Daerah di Pusat

Anggota Komisi 1 DPR RI, Yan Permenas. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Anggota Komisi I DPR RI, Fraksi Gerindra Dapil Papua, Yan Permenas Yamdenas melakukan kunjungan reses di Kabupaten Merauke. Sebelum ke Merauke, Ia telah melakukan reses di wilayah Papua lainnya.

Tujuannya guna melihat dan mengetahui secara langsung terkait keamanan daerah, mengetahui kesiapan PON Papua XX dan sejauh mana potret jaringan telekomunikasi di wilayah yang dikunjunginya.

“Saya ingin melihat secara langsung kesiapan PON dan juga dukungan jaringan telkomunikasi internet di Merauke. Selain itu, juga ada agenda lain yang akan kita lakukan untuk pembangunan ke depan,” ucap Yan Permenas dalam pertemuan dengan Pemda, Muspida dan tokoh masyarakat di Kantor Bupati Merauke, Selasa (20/04).

Kali ini, Yan minta Pemkab Merauke melalui bupati menyiapkan grand desain pengembangan Kabupaten Merauke, dan selanjutnya, bersama dirinya selaku Anggota Komisi 1 DPR RI mendatangi beberapa kementrian untuk meminta dukungan.

Namun, ditekankannya bahwa program usulan ke pusat tidak boleh banyak-banyak. Utamakan yang prioritas sehingga dapat langsung ditindaklanjuti oleh pemerintah pusat. Setelah sukses, baru dilanjutkan dengan usulan berikutnya.

“Kita siap bantu. Termasuk untuk perjuangan pemekaran Provinsi Papua Selatan,” pungkasnya.

Anggota Komisi 1 akan melakukan reses selama beberapa hari. Mengunjungi setiap venue dan seksaikan agenda lainnya.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka mengatakan, komunikasi dari tingkat atas sampai daerah harus terbangun dengan baik dan ditindaklanjuti dengan kerja sama untuk pembangunan di semua bidang.

Namun, untuk mendukung semua pelaksanaan kegiatan itu, poin utama adalah ketahanan kemanannya tetap terjamin. Romanus mengaku bangga bahwa situasi kemanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Merauke masih sangat kondusif.

Lanjut katanya, Merauke sebagai contoh atau sampling zona damai untuk Papua. Merauke terus didorong untuk tetap menjadi zona damai di wilayah Papua. Walaupun infrastruktur belum memadai, ia ingin mendorong melalui pembangunan jaringan telekomunikasi sampai ke seluruh pekosok.

“Saya mau, doronglah telekomunikasi sampai ke pelosok. Biar orang keriting hitam ini tidak ketinggalan teknologi,” ujar Romanus.

Lebih lanjut Romanus menyampaikan terima kasih atas kepedulian dari anggota legislatif pusat dengan turun ke daerah-daerah. Dia berharap, setiap aspirasi yang disampaikan saat reses dapat ditindaklanjuti dengan bukti atau hasil yang nyata.