Wujudkan Program PAUD Berkualitas, Bunda PAUD Raja Ampat Kunjungi sejumlah Distrik di Misool

Bunda PAUD Raja Ampat, Faujiah Helga Tampubolon Umlati saat bertemu dengan murid PAUD. Foto Aken/TN

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Program Kemitraan Universitas Muhammadiyah (Unimuda) Sorong dan Unicef bekerjasama PAUD kabupaten Raja Ampat, melakukan sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUD-HI) di kampung Weijim, Waigama, Lilinta, Fafanlap dan kampung Folley.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan
untuk mendukung program PAUD kabupaten Raja Ampat untuk mengembangkan PAUD-HI di wilayah Raja Ampat.

Bunda PAUD kabupaten Raja Ampat, Faujiah Helga Tampubolon Umlati, menyambut baik kegiatan sosialisasi PAUD-HI yang dilakukan bersama Universitas Muhammadiyah (Unimuda) Sorong dan Unicef di sejumlah distrik di pulau Misool.

Dikatakannya, PAUD yang sudah berjalan di distrik dan kampung, harus bekerjasama dengan semua pihak, termasuk Posyandu Puskesmas dan juga pemerintah daerah dalam hal ini, dinas Dukcapil.

“Paud yang sudah berjalan di distrik maupun kampung, harus bekerjasama dengan Posyandu, Puskesmas maupun pemerintah daerah, misalnya untuk pengurusan akte kelahiran anak, sebab itu adalah hak anak,” ujar Helga Tampubolon Umlati.

Selain itu menurutnya, persoalan Stunting (gizi buruk) juga perlu di perhatikan, terutama bagi ibu-ibu hamil dan masa melahirkan agar anak tetap sehat.

“Persoalan Stunting atau gizi buruk juga harus diperhatikan, terutama bagi ibu-ibu hami dan pasca melahirkan, hal itu agar anak tetap sehat.

Kata isteri bupati Raja Ampat ini, kegiatan sosialisasi PAUD-HI juga bertujuan untuk mendukung suksesnya program pengembangan PAUD-HI di kabupaten Raja Ampat. Salah satunya meningkatkan kapasitas guru-guru Paud di kabupaten Raja Ampat.

Ia pun menyampaikan bahwa pengembangan anak usia dini holistik dan integratif secara menyeluruh mencakup kesehatan dasar, gizi, dan pengembangan emosi serta intelektual anak, perlu dilakukan secara baik karena amat menentukan perjalanan hidup anak dikemudian hari.