Berita

Wow! Ambon Jadi Kota Ketiga yang Disinggahi Peserta Sail 2 Indonesia

×

Wow! Ambon Jadi Kota Ketiga yang Disinggahi Peserta Sail 2 Indonesia

Sebarkan artikel ini
Salah satu yacht peserta Sail 2 Indonesia Tahun 2022 masuk ke Teluk Ambon. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kota Ambon menjadi kota ketiga yang disinggahi oleh peserta Sail 2 Indonesia Tahun 2022. Dalam perhelatan ke-18 kalinya, yacht rally tersebut mengambill rute dari Australia, Kepulauan Kei, Banda Naira, Ambon, Pulau Buru, Buton, Wakatobi, serta destinasi lainnya hingga berakhir di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Sejak Minggu (31/7/2022) lalu, sudah ada beberapa yacht peserta masuk ke Teluk Ambon, dan berlabuh sekitar pantai Amahusu. Lokasi tersebut memang dipersiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, sebagai titik lokasi penyambutan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispabud) Kota Ambon, Rustam Hayat mengungkapkan, Sail 2 Indonesia merupakan event tahunan yang dilaksanakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

3206
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Ini merupakan kegiatan rally internasional yang tahun ini diikuti oleh 8 negara dan diperkirakan sekitar 17 hingga 22 yacht yang berpartisipasi,” ujarnya di sela-sela penyambutan peserta Sail 2 Indonesia, di Amahusu, Selasa (2/8/2022).

Rustam menjelaskan, ditunjuknya Ambon sebagai salah satu kota persinggahan dalam Sail 2 Indonesia merupakan kesempatan yang berharga, untuk promosi kota ini sebagai daerah tujuan wisata.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Ambon, kami menyambut dengan sukacita para peserta Sail 2 Indonesia. Kebanyakan mereka merupakan komunitas yang memiliki jiwa petualangan, menikmati alam, serta membaur dengan masyarakat. Ini peluang berharga untuk promosi Ambon sebagai daerah tujuan wisata,” terangnya.

Dijelaskannya, selama berada di Ambon, ada beberapa event yang akan disuguhkan bagi peserta yacht rally, dimulai dari penyambutan di Amahusu, Welcome Ceremony dan Gala Diner di Kediaman Wali Kota, serta city tour yang difasilitasi oleh travel agent.

“City Tour akan dilaksanakan Rabu (3/8/2022), dengan Closing Ceremony di Negeri Rutong. Nantinya akan digelar acara kesenian dan budaya oleh pemerintah negeri, karena itu termasuk dalam paket City Tour,” jelasnya.

Diakuinya, persiapan Kota Ambon dalam menyambut peserta Sail 2 Indonesia 2022 terbilang singkat. Oleh sebab itu, waktu kunjungan di Ambon akan dimaksimalkan sebaik mungkin, untuk memberikan kesan yang baik kepada para peserta.

“Intinya kami berusaha membuat kunjungan di kota ini berkesan, sehingga para peserta nantinya akan ingat dan kembali lagi ke Ambon,” tandasnya.

Olehnya itu Rustam berharap, dengan penyambutan dan penerimaan yang yang baik tersebut, kota Ambon akan kembali ditunjuk sebagai tempat persinggahan Sail 2 Indonesia di tahun berikutnya.