Wirajaya Harap UMKM Jadi Momentum Bangkitkan Ekonomi di Tengah Situasi Global

Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya menilai, hadirnya UMKM yang merupakan binaan Bank Indonesia (BI) merupakan hal dan momentum yang bagus, untuk membangkitkan ekonomi di tengah situasi global yang sedang mengalami beberapa permasalahan perekonomian, khususnya sebagai bangsa Indonesia Yang dikenal dengan gotong royongnya.

“Menjaga inflasi, menjaga apapun itu menjaga ekonomi kita juga berdasarkan gotong-royong,” kata I Gusti Agung Rai Wirajaya dalam keterangan tertulisnya, yang diterima Teropongnews.com, di Ternate, Kamis (27/10/2022).

Lebih lanjut Rai berharap, semua elemen baik dari pemerintah, masyarakat, parlemen, siapapun, tokoh tokoh masyarakat itu semua bersama membangun UMKM, guna menjaga ekonomi yang lebih bagus dan lebih baik ke depannya.

Terlebih, isu isu yang berkembang sudah terjadi di beberapa negara seperti resesi. Sehingga menurutnya, Indonesia harus tetap semangat dalam hal ini tetap survive untuk bagaimana membangkitkan ekonomi melalui umkm.

“Situasi Covid-19 pun kemarin sudah menjadi cobaan bagi kita, maka dari itu kita terus semangat melaksanakan dan membangkitkan ekonomi kita di sektor umkm,” lanjut Politisi Dapil Bali ini.

Selain itu, dia juga menyoroti terkait terkendalanya dalam pengiriman ke luar negeri yang dialami UMKM, terutama dalam melakukan ekspor melalui pelabuhan.

Ia pun mendorong, agar UMKM diberikan kemudahan dalam pengiriman barang yang diperlukan oleh negara-negara yang membutuhkan.

“Memberikan kemudahan bagaimana mereka umkm ini bisa berkumpul bersama sama menjadi satu satu kontainer atau mungkin dalam beberapa kontainer untuk bisa diekspor ke negara tujuan,” pungkas Rai.

Untuk itu dia mengingatkan, agar semua elemen bangsa untuk senantiasa bergandengan tangan dari Sabang sampai Merauke untuk membangkitkan UMKM.