Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Maluku, Benhur Watubun. Foto-Ist/TN

 374 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru didesak, untuk segera melantik Abdullah Elvuar, sebagai Kepala Desa Jikumerasa, Kecamatan Liliali. Desakan tersebut disampaikan Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Maluku, Benhur Watubun saat dihubungi dari Ambon, Rabu (8/6/2022).

Hal ini juga disampaikan Watubun saat pertemuan antara Komisi I bersama Pemkab Buru, Senin (6/6). Pertemuan ini merupakan rangkaian dari agenda pengawasan tahap kedua Komisi I di kabupaten setempat.

Desakan ini, lantaran sudah 11 tahun Abdullah Elvuar tak kunjung dilantik menjadi kades, sejak kepemimpinan mantan Bupati Husni Hentihu maupun Ramli Umasugi. Untuk itu, Watubun mendesak agar persoalan ini bisa diselesaikan, di jaman Penjabat Bupati Buru, Djalaludin Salampessy.

“Saya minta kades Jikumerasa harus dilantik secepatnya. Permasalahan ini mestinya dituntaskan dan diselesaikan secepat mungkin,” tegas Watubun.

Menurut dia, jika membaca seluruh dokumen yang dimiliki oleh penyelenggara pemilihan kepala desa dan dokumen yang dipegang oleh pemerintah daerah, maka sama sekali tidak ada alasan administrasi atau cacat prosedur dalam proses dimaksud.

Dikatakan, berbagai cara telah ditempuh kades terpilih untuk mendapatkan keadilan, diantaranya melalui surat pengaduan kepada Pemkab Buru, Pemprov Maluku, DPRD Provinsi Maluku, Komnas HAM Perwakilan Maluku dan terakhir Ombudsman, namun tidak membuahkan hasil.

Akan tetapi, melalui Komisi Informasi Publik (KIP) Maluku, telah mendapatkan transparansi informasi secara resmi, terkait hasil pemilihan kepala desa Jikumerasa.

Namun sayangnya, pasca keputusan ini keluar, mantan Bupati Buru, Ramli Umasugi ingin membawa masalah ini ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Ambon.

Untuk itu dia berharap, proses di PTUN di bawah pemerintahan Djalaludin Salampessy bisa menarik kembali gugatan yang telah dilayangkan.

Pasalnya, lanjut Watubun, ini menyangkut wibawa Gubernur Maluku, Murad Ismail sebagai wakil pempus yang sudah melayangkan surat perintah pelantikan, namun belum kunjung dilaksanakan. “Untuk itu, kami sangat berharap kepala desa Jikumerasa harus segera dilantik,” pinta Watubun.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Maluku, Amir Rumra. Menurut Amir, domain pelantikan kades ada di kepala daerah. Kades Jikumerasa, Abdullah Elvuar terpilih secara demokratis.

Dia menegaskan, tidak ada alasan untuk tidak melaksanakan pelantikan, sehingga bupati sebagai kepala daerah harus tunduk pada perintah undang-undang.

”Sebelumnya, Gubernur Maluku sebagai wakil pemerintah pusat di daerah sudah melayangkan surat pelantikan, namun tidak kunjung dihiraukan mantan Bupati Buru, Ramli Umasugi,” kata Amir kesal.

Berita lain untuk anda

Hasil Swab Dinyatakan Negatif, Dua ODP Kabupaten Sorong Diperbolehkan Pulang

 428 total views (dibaca)  428 total views (dibaca) Aimas, TN – Dua warga Kabupaten Sorong yang berstatus…

Jangan mau Ketinggalan, Besok Ada Vaksinasi Plus Doorprize Sepeda Motor

 27 total views (dibaca) Yang belum ada KTP, Divaksin dan diurus KTP-nya

Program CSR KKKS Migas Tidak Pernah Capai Target

 432 total views (dibaca)  432 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha…

Pererat Persaudaran, Teropong News Bukber Bersama Jurnalis dan Mitra

 3,712 total views (dibaca)  3,712 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Memasuki hari Ramadan ke 25, Teropong News…

Bawaslu Ternate Sikapi Dugaan Anggota Panwascam Jadi Pengurus Parpol

 400 total views (dibaca)  400 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota…

Kejati Diminta Transparan dalam Perkara Dugaan Korupsi Pembangunan Kantor Dinas Perumahan Papua Barat

 439 total views (dibaca)  439 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Kejaksaan Tinggi Papua Barat diminta tidak…

Larangan Mudik, Pelabuhan Dan Bandara Deo Sorong Nampak Lengang

 517 total views (dibaca)  517 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Wali Kota Sorong, Drs. Ec. L. Jitmau,…

Mulai 1 September 2020, Petugas BPS Datangi Rumah Warga Untuk Sensus Penduduk

 494 total views (dibaca)  494 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, SORONG – Ratusan petugas Badan Pusat Statistik (BPS)…

Utamakan Prokes C-19, Shalat Tarawih 1 Ramadhan 1442 H di Kaimana Diizinkan

 386 total views (dibaca)  386 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, KAIMANA- Shalat Tarawih adalah shalat sunah yang khusus…

Sebagai Efek Jera, Polres Merauke Proses Pelaku Pengrusakan Fasilitas Sekolah

 512 total views (dibaca)  512 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Polres Merauke sedang mendalami kasus pengerusakan…