Watubun Minta Jembatan Darurat Reyamru Segera Dibangun

Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Maluku, Benhur Watubun. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Ketua Fraksi PDIP DPRD Provinsi Maluku, Benhur Watubun meminta Pemerintah Daerah (Pemda) maupun pelaksana pembangunan jembatan darurat di Reyamru, lantaran jembatan yang berada di Kecamatan Kei Besar Utara Timur, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) itu, beberapa waktu lalu ambruk.

Pasalnya, jembatan Reyamru tersebut merupakan akses penghubung satu-satunya, bagi masyarakat di wilayah setempat.

“Kami dari Fraksi PDIP meminta perhatian serius dari pihak-pihak terkait, agar secepatnya menangani masalah itu. Kami menyarankan, agar jembatan darurat bisa segera dibuat, agar masyarakat tidak terisolasi,” tegas Watubun saat dihubungi dari Ambon, Selasa (19/7/2022).

Menurut dia, jembatan darurat perlu segera dibangun, karena masyarakat setempat mengeluh, jika biaya perjalanan melambung tinggi hingga mencapai 100 persen.

“Saat pertemuan dengan Pemda Malra dan anggota DPRD Maluku Dapil VI, dan Dinas PUPR Maluku bidang Bina Marga telah menyampaikan komitmen untuk segera membangun jembatan darurat di Reyamru,” ungkap Watubun.

Untuk pembangunan baru, akan dianggarkan dalam APBD perubahan. Dan sebagai Ketua Fraksi PDI-Perjuangan, dirinya akan tetap menagih komitmen ini saat pembahasan nanti.

“Kami akan terus memantau, sehingga seluruh tahapannya bisa diselesaikan tepat waktu. Mengingat di wilayah ini merupakan awal mula dari beberapa bencana putusnya jembatan di Maluku. Untuk itu, harus ada langkah prioritas,” kata dia.

Untuk itu Watubun meminta warga setempat, agar tetap bersabar, mengingat bencana banjir, tanah longsor, dan jembatan putus terjadi hampir menyeluruh di wilayah Maluku.