Berita

Wattimena: Pramuka Ada Untuk Membantu Banyak Hal

×

Wattimena: Pramuka Ada Untuk Membantu Banyak Hal

Sebarkan artikel ini
Perayaan Natal Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Ambon, Jumat (30/12/2022), yang berlangsung di SMP Negeri 5 Ambon, Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – PJ Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena mengatakan, pramuka ada untuk membantu banyak hal. Dia juga memberi apresiasi kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Ambon, yang telah banyak membantu dan memberikan solusi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

1519
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Pramuka ada untuk membantu banyak hal, bagi pemerintah di berbagai tingkatan hingga kabupaten/kota. Pramuka selalu menjadi andalan, karena apabila hal-hal emergency dan penting, Pramuka selalu memberikan solusi kepada pemerintah,” kata Wattimena dalam perayaan Natal Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Ambon, Jumat (30/12/2022), yang berlangsung di SMP Negeri 5 Ambon, Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Menurutnya, banyak persoalan yang terjadi di kota ini, akibat kurang cermatnya pemerintah memikirkan sesuatu yang akan terjadi di kemudian hari. Misalnya, soal sampah yang sampai hari ini masih menjadi problem bagi kota ini.

“Kita hanya memikirkan persoalan hari ini dan selesaikan hari ini, ok beres, padahal kota ini terus berkembang dari waktu ke waktu,” tegas dia.

“Sebagai contoh, hari ini kita tidak mampu untuk selesaikan persoalan sampah. Ini mestinya sudah dipikirkan dari 10 atau 20 tahun yang lalu, bahwa pada tahun 2022 penduduk kira-kira bertambah sekian, sampah dihasilkan kira-kira sekian ton. Oleh sebab itu, mobil yang harus disiapkan berapa banyak. Saat ini, sampah 250 ton, mobil sampah yang melayani hanya 23 unit, tentu tidak cukup,” tambah Wattimena.

Olehnya itu, Wattimena meminta Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Ambon, agar dapat mempersiapkan generasi muda yang handal, cakap, dan memiliki integritas kualitas, serta kemampuan untuk mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa mendatang.

“Melalui bimbingan kakak-kakak pembina, pastikan adik-adik yang dibina dalam gerakan Pramuka siap, untuk menghadapi tantangan di masa yang akan datang,” pintanya.

Terkait perayaan Natal, dia berharap, akan menjadi momentum untuk saling introspeksi mengenai tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota gerakan Pramuka Kwarcab Kota Ambon.

“Perayaan Natal, simpel saja sebagai evaluasi apa yang sudah dilakukan, dan apa yang belum dilakukan, lalu seharusnya seperti apa, tidak hanya sebatas seremonial dan ritual yang tidak bermakna bagi kita,” tandasnya.

Untuk itu Wattimena berharap, kehadiran gerakan Pramuka tidak untuk memenuhi tuntutan formalitas saja, tetapi mesti jadi sebuah komitmen bersama untuk apa yang bisa dibuat bagi kota ini.

“Adik-adik anggota Pramuka diajak minimal bisa pilah sampah di rumah, buang sampah pada tempatnya sesuai waktu yang ditentukan, dan lain-lain yang menjadi kebijakan Pemkot. Harapan Pemkot, semua elemen masyarakat termasuk Pramuka dapat memberikan sesuatu bagi kota ini,” tutup dia.