Berita

Wattimena Minta TP-PKK Lakukan Konsolidasi Internal dan Susun Program Kerja

×

Wattimena Minta TP-PKK Lakukan Konsolidasi Internal dan Susun Program Kerja

Sebarkan artikel ini
Foto bersama usai Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua TP-PKK Kota Ambon, yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Senin (28/8/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena memberi dukungan penuh terhadap progam kerja TP-PKK Kota Ambon sebagai mitra Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

1559
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Lakukan konsolidasi internal lalu rancang program kerja, Pemkot akan mendukung full 100 persen apapun yang dilakukan TP-PKK, karena sebagai mitra diyakini sungguh TP-PKK mampu melakukan banyak hal,” katanya di sela-sela acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Ketua TP-PKK Kota Ambon, yang berlangsung di Balai Kota Ambon, Senin (28/8/2022).

Dikatakan Wattimena, dalam menyusun program kerja, TP-PKK saat ini hanya melanjutkan, meningkatkan, dan memperbaiki yang masih kurang yang telah dilakukan oleh tim TP PKK periode sebelumnya.

Olehnya itu, dalam upaya tersebut, ada sejumlah catatan yang perlu diperhatikan oleh TP-PKK, selain dari percepatan angka stunting yang merupakan salah satu tugas kepala daerah.

“Salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah Inflasi cukup tinggi Kota Ambon, bahkan tinggi lebih tinggi dari angka inflasi nasional,” beber dia.

Dijelaskan, penyebab inflasi di Kota Ambon diantaranya adalah, kenaikan harga cabai yang menyumbang 50 persen lebih dari penyebab inflasi. “Hal ini terdengar sepele tapi dampaknya sangat luar biasa,” tambahnya.

Guna menekan inflasi, dia mengaku, Pemkot Ambon telah membuat inovasi Kalesang Kintal Kosong, yang tujuannya untuk memanfaatkan lahan-lahan tidur dan pekarangan rumah, sebagai tempat bercocok tanam, bahkan budidaya ikan air tawar. Inovasi ini mendapat dukungan dari Bank Indonesia dalam hal penyediaan bibit.

“Jika tiap keluarga menanam tanaman cabai di pekarangan masing-masing, minimal untuk konsumsi sendiri. Dan bukan hanya cabai, tapi juga tanaman lainnya, maka inflasi ini dapat kita tekan. Ini agar ditindaklanjuti oleh TP-PKK,” jelasnya.

Selain itu, dalam meningkatkan perekonomian, Pemkot juga memiliki inovasi Jiku Bata, atau Sudut Balai Kota, yakni penyediaan ruang bagi UMKM memasarkan produknya di Sudut Balai Kota.

“PKK memiliki peran disini, karena UMKM juga punya koordinasi dengan PKK. Jadi saya minta TP-PKK siapkan persyaratan dan produk mereka, agar layak mengikuti program inovasi ini,” bebernya.

Kemudian, Wattimena juga meminta TP-PKK, agar memperhatikan capaian imunisasi dan vaksin bagi anak-anak di Kota Ambon yang masih rendah, karena kurangnya pemahaman dari orang tua.

“TP-PKK perlu memberikan pemahaman melalui sosialisasi, pendampingan, bagi orang tua lewat posyandu dan Dasa Wisma, agar mereka memahami pentingnya imuniasi dan vaksinasi bagi anak, dalam rangka menciptakan generasi muda bangsa yang sehat,” tandasnya.

Pada kesempatan iti, Wattimena juga meminta TP-PKK dengan kader yang militan, agar tetap menjaga kesatuan dan kebersamaan dalam melaksanakan program kerja.

“Semua yang masuk dalam kepengurusan TP-PKK harus berpikir ini bentuk pengabdian membantu pemerintah bagi kesejahteraan masyarakat, dengan memberi untuk Ambon atau Give To Ambon, jangan sampai ada perpecahan di dalam TP-PKK,” pungkasnya.

Untuk diketahui, jabatan Ketua TP-PKK Kota Ambon, resmi diserahterimakan dari Ketua Periode 2017-2022, Debbie Louhenapessy kepada Penjabat Ketua TP-PKK Kota Ambon periode 2022-2023, Lissa Wattimena.