Wattimena: Menurut Pertamina Stok Mitan Untuk Kota Ambon Mencukupi

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tidak tinggal diam dalam mengatasi isu kelangkaan minyak tanah (mitan) di Kota Ambon beberapa bulan belakangan ini.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena mengaku, Pemkot Ambon telah berkoordinasi dengan Pertamina, dan hasil koordinasi itu ternyata, stok BBM khususnya minyak untuk Kota Ambon ternyata cukup, dan tidak kurang.

“Tetapi ketika kami lakukan koordinasikan bersama Dinas Perindag, dan turun mengecek ke pangkalan, agen-agen, dan penggecer, ternyata ada suplai yang terputus, dimana dari pangkalan dan agen terhambat sehingga menyebabkan distribusi ke pengecer juga terlambat,” kata Wattimena kepada wartawan, di Ambon, Senin (5/9/2022).

Dijelaskan, Dinas Perindag Kamis (1/9/2022) kemarin sudah melakukan rapat koordinasi dengan pangkalan dan juga agen, terkait kelangkaan minyak tanah ini.

“Ini untuk memastikan penjualan mitan hingga pengecer itu tidak terhambat, karena stok memang mencukupi,” ungkapnya.

Diakui Wattimena, kelangkaan minyak tanah yang terjadi, selain disebabkan oleh suplai yang terputus juga didukung oleh psikologi masyarakat yang gampang panik, ketika melihat antrian pembelian Mitan.

“Kalau orang melihat antrian pasti langsung disimpulkan BBM langka, padahal kenyataannya tidak demikian, stok cukup,” tandasnya.