Warga Kaltim Diminta Waspada Penularan Covid-19

Ilustrasi Covid-19. Foto-Ist

TEROPONGNEWS.COM, SAMARINDA – Masyarakat Benua Etam Kalimantan Timur (Kaltim), diminta untuk tetap waspada terhadap penularan Covid-19 yang jumlahnya mengalami trend peningkatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim, H Andi Muhammad Ishak mengatakan, hal itu terlihat dari jumlah terkonfirmasi positif yang meningkat signifikan dalam beberapa hari terakhir.

“Angka kasus terkonfirmasi 401,7 dari 100.000 penduduk. Sedangkan angka kesembuhan berada pada 81,2 persen, dan angka kematian 3,3 persen dari jumlah total terkonfirmasi. Jumlah kasus terkonfirmasi itu masih sangat tinggi. Tetap waspada. Laksanakan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat,” kata Andi Muhammad Ishak dalam rilisnya yang diterima Teropongnews.com, Jumat (6/11/2020).

Perkembangan terakhir penyebaran Covid-19 di Kaltim, per Kamis 5 November 2020, jumlah terkonfirmasi positif sebanyak 14.950 kasus atau bertambah 307 kasus.

Jumlah pasien sembuh 12.138 kasus (bertambah 238 kasus). Meninggal dunia 495 kasus (bertambah 1 kasus) dan masih dirawat 2.317 kasus.

Melihat angka tersebut, lanjut Sekretaris Dinas Kesehatan Kaltim ini, masyarakat hendaknya dapat melaksanakan protokol kesehatan saat beraktivitas diluar rumah.

Terapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan). Konsumsi makanan sehat dan bergizi, serta rutin berolahraga sehingga imun tubuh meningkat, agar tidak tertular Virus Corona.

“Kurangi aktivitas di luar rumah dan tetap hindari kerumunan. Karena itu dimulai dari diri sendiri, dengan menjaga diri agar terhindar dari Covid-19. Waspadai gejala umum seperti demam, batuk kering dan kelelahan. Jika memiliki gejala tersebut, langsung hubungi gugus tugas atau Dinas Kesehatan di daerah masing-masing. Tetap optimis dan disiplin menjalankan protokol kesehatan,” pinta dia.