Warga Ambon Diminta Gelar Doa dan Ibadah Serentak

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Syarif Hadler. Foto-Ist/TN

Ambon, TN – Pemerintah Kota (Pemkot) menghimbau masyarakat Kota Ambon, untuk melakukan doa secara serentak dirumah masing-masing. Pasalnya, ada banyak hal yang dilakukan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19), namun yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan ketahanan Iman dan Taqwa kepada Tuhan, agar dijauhkan dari wabah tersebut.

Himbauan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran Walikota Ambon Nomor 450/7/SE/2020 tertanggal 4 April 2020 tentang Himbauan Pelaksanaan Ibadah dan Doa Bagi Masyarakat Kota Ambon.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Syarif Hadler membenarkan, adanya Surat Edaran Walikota tersebut.

“Covid-19 adalah virus yang saat ini sangat menghebohkan dunia, menelan korban jiwa yang tidak sedikit. sebagai manusia yang beragama, kita patut meyakini bahwa Covid-19 boleh terjadi atas ijin Allah SWT. Untuk itu, Pemerintah Kota Ambon mengajak masyarakatnya, untuk lebih meningkatkan Iman dan Taqwa kita kepada Tuhan, salah satunya dengan ini, melakukan Doa Bersama, Serentak dirumah masing-masing sesuai waktu yang ditentukan,” kata Hadler saat dihubungi dari Ambon, Minggu (5/4).

Himbauan yang dikeluarkan dalam bentuk Surat Edaran tersebut, lanjut Ketua, merupakan kesepakatan berdasarkan hasil pertemuan bersama seluruh Pemuka-Pemuka Agama via Daring Jaringan (Daring).

“Dari pertemuan yang dilakukan via online, kita semua bersepakat untuk melakukan doa bersama menurut Agama dan Kepercayaan kita masing-masing. Selain untuk meningkatkan Iman dan Ketaqwaan kita, juga untuk memohon kepada Tuhan, agar menjauhkan kita semua dari Covid-19,” jelas Wakil Wali Kota Ambon ini.

Adapun Ibadah dan Doa serentak dimaksud akan dilakukan pada hari selasa tanggal 7 April 2020, pada pukul 20.00 WIT sampai pukul 21.00 WIT, dengan pokok-pokok doa, diantaranya meminta Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan kekuatan lahir batin bagi Pemerintah Republik Indonesia, Presiden dan Wakil Presiden bersama seluruh Jajarannya, Ketua Gugus Tugas RI beserta Jajarannya, baik Gugus Tugas Provinsi maupun Kota Ambon, Gubernur dan Wakil Gubernur bersama jajarannya, Walikota dan Wakil Walikota Ambon bersama jajarannya, para Tenaga Medis dan Relawan yang mengabdi dan melayani demi kemanusiaan, dan bagi seluruh masyarakat mulai dari Kota Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia dan seluruh dunia.

Selain doa dan ibadah, ada juga beberapa poin lain yang tercantum dalam Surat Edaran Wali Kota tersebut, antara lain, Pemerintah menghimbau kepada masyarakat untuk sementara waktu tidak melakukan aktivitas lain pada saat yang ditentukan tersebut, Pemerintah juga telah berkoordinasi dengan pihak Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease serta Kodim 1504 untuk mengarahkan masyarakat yang berada diluar rumah pada saat berlangsungnya Ibadah dan Doa bersama sesuai waktu yang telah ditentukan.

Kepada seluruh warga Kota Ambon, untuk juga senantiasa meningkatkan Iman lewat Doa secara Mandiri, selalu mengikuti anjuran dan himbauan Pemerintah dan Pemuka Agama serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dengan berserah kepada Tuhan, dengan harapan yang sama, semoga kondisi Pandemik COVID-19 segera berakhir dan semua masyarakat di dunia dapat melakukan aktivitas seperti sedia kala,” tandasnya.