Berita

Wamendagri Sebut Papua Barat Daya Lebih Siap Dari 3 DOB Papua Lainnya

×

Wamendagri Sebut Papua Barat Daya Lebih Siap Dari 3 DOB Papua Lainnya

Sebarkan artikel ini
Kantor Gubernur Papua Barat Daya. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri, John Wenpi Wetipo melakukan kunjungan kerja ke kota Sorong dalam rangka Persiapan Penyelenggaraan Provinsi Papua Barat Daya (PBD).

Dalam kunjungan kerja itu, Wamendagri tampak didampingi Anggota Komisi I DPR RI dan Komite I DPD RI di Kota Sorong, bertempat di Gedung LJ Kantor Wali Kota Sorong, Senin (21/11/2022).

Pada kesempatan itu juga turut hadir Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, Pj Wali Kota Sorong George Yarangga dan Tim percepat pembentukan PBD, serta kepala daerah se-Sorong raya.

4562
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Dalam keterangan persnya, Wamendagri menyampaikan, bahwa kunjung kerjanya hari ini merupakan kunjungan pertama setelah provinsi Papua Barat Daya disahkan pada tanggal 17 November 2022.

“Ini baru awal kunjungan kami, marena sebelumnya tim dari kemendagri sudah mengecek kesiapan bila mana kalau Undang-undang itu disahkan. Dari hasil kunjungan itu dapat dipastikan bahwa semua kantor-kantor yang akan digunakan baik kantor gubernur sementara, maupun Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah siap. Kurang lebih ada 22 OPD, itu tidak termasuk biro-biro dengan staff ahli gubenur, “ujar Wamendagri.

Menurutnya, Provinsi Papua Barat daya jauh lebih siap daripada 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua yang sudah diresmikan dan sudah dilantik Penjabatnya beberapa waktu lalu oleh Mendagri.

“Dari hasil kunjungan tim yang dilaksanakan oleh teman-teman yang ada di Otda, ternyata Papua Barat Daya jauh lebih siap dibandingkan 3 DOB yang sudah diresmikan beberapa waktu lalu. Saya sekali lagi berterimakasih karena antusiasme masyarakat yang luar biasa hingga Papua Barat Daya ini terbentuk, “ucapnya.

Ke depan, sambung Wamendagri, ia akan terus mengawal proses penyelenggaraan pemerintahan Papua Barat Daya, terutama dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024.

“Karena harapan kita dari Kemendagri, untuk membangun pondasi yang kuat di awal itu jauh lebih penting sambil kita mempersiapkan Pemilu serentak yang akan dilaksanakan di tahun 2024,”jelasnya.