Penyerahan dokumen pengalihan ASN. Foto-Getty/TN

 848 total views (dibaca)

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) RI, Jhon Wempi Wetipo didampingi Anggota Komisi II DPR RI Komarudin Watubun beserta rombongan tiba di Merauke dalam rangka kunjungan lapangan persiapan peresmian Provinsi Papua Selatan (PPS).

Rombongan disambut di Bandara Mopah Merauke ditandai dengan pengalungan bunga oleh Bupati Merauke Romanus Mbaraka dan Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Merauke didampingi bupati dan wakil bupati tiga kabupaten Selatan Papua. Hadir juga Tohoh Penggagas pemekaran PPS, Jhon Gluba Gebze, tokoh agama, adat, pemuda dan masyarkat perwakilan.

Dalam ucapan selamat datang, Bupati Merauke Romanus Mbaraka menyampaikan rasa syukur Provinsi Papu Selatan telah menjadi milik masyarakat Selatan. Sekaligus menyampaikan permohonan maaf atas pernyataan yang diucapkannya belum lama ini yang sempat menjadi viral. Ia berharap Pak Komarudin dan semua pejabat pusat tetap dorong dukung perjalanan pemerintaham PPS ke depan.

Untuk PPS, lanjut Romanus pada dasarnya sudah siapkan kantor penjabat gubernur di Gedung Negara, dan rumah para pejabat juga sudah disiapkan. “Secara administrasi sudah siap. Kami para bupati sepakat untuk pemberian dana awal kepada pemerintah provinsi baru, ini segera kami serahkan kepada penjabat setelah dilantik oleh Depdagri. Jadi semua sudah siap,” ujar Romanus dalam pertemuan yang dipusatkan di Auditorium Kantor Bupati Merauke, Jumat (29/7/2022).

Mewakili Gubernur Provinsi Papua, M. Abut Musaad mengapresiasi kepada pemerintah dan semua jajaran pemerintahan RI atas proses pemekaran dalam rangka perecepatan pembangunan Papua. Pemprov tetap beratnggungjawab untuk pendampingan dukungan fasilitas dan dukungan anggaran agar PPS baru dapat berjalan maksimal.

“Kita tidak bisa jalan sendiri-sendiri karena ini butuh kolaborasi bersama dalam membangun daerah. Langkah strategis terutama manajemen ASN, aspek manajemen keuangan dan lainnya dalam waktu dekat akan ada koordinasi yang kita lakukan bersama. Kami yakin pembangunan di PPS ini akan lebih cepat maju dan berkembang”.

Sementara Anggota Komisi II DPR RI Komarudin Watubun mengatakan pembangunan Papua jauh lebih penting daripada kepentingan lain. “Kita lupakan semua yang terjadi, mari kita membangun Papua. Masa depan Papua ada di tangan bupati, gubernur, dan tangan kita semua.”

Wakil Mendagri RI, Jhon Wempi Wetipo menyampaikan kehadirannya membawa kabar baik untuk kesejahteraan rakyat Papua, bahwa UU PPS sudah ditandatangani oleh Presiden.

“Tidak ada alasan lagi untuk kita menolak, mari kesampingkan kepentingan politik tetapi utamakan kepentingan rakyat Papua. Peresmian dan pelantikan Penjabat Gubernur PPS akan sesegera mungkin dilakukan,” tandasnya.

Wamendagi mengajak semua pihak tidak boleh lagi ada statemen penolakan karena pemekaran adalah sebuah strategi untuk Papua lebih maju dan raknyatnya bisa lebih sejahtera karena terjadi pemerataan pembangunan.

Kesempatan yang sama dilakukan penyerahan dan penandatanganan dokumen antara lain, Data dan Dokumen Pengalihan ASN, data dan dokumen penyerahan aset, dan dokumen pemberian hibah.

Usai makan siang rombongan Wamendagri bersama Forkopimda melakukan peninjauan kantor sementara gubernur di Gedung Negara, dan Hotel Asmat, kemudian menuju lokasi pusat pemerintahan PPS di KTM Salor guna peninjauan lokasi.

Berita lain untuk anda

Bupati Raja Ampat Jalani Vaksin Dosis Pertama

 732 total views (dibaca)  732 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati…

Telkomsel dan PPNI Kolaborasi Hadirkan Layanan Hotline Edukasi dan Konseling Covid-19

 715 total views (dibaca)  715 total views (dibaca) TEROPONGNEWS. COM, SORONG – Telkomsel memperkuat dedikasinya dalam melayani…

Gabriel Lele: UGM Gunakan Logika Kebutuhan Untuk Pemekaran PPS

 684 total views (dibaca)  684 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam laporan kajian pemekaran Provinsi Papua,…

Polisi Periksa 25 Saksi Atas Dugaan Kasus Korupsi Tunjangan Profesi Guru

 760 total views (dibaca)  760 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Polres Sorong Kota telah memeriksa sejumlah saksi,…

Irigasi Waimatakabo di SBT Alami Kerusakan Parah

 725 total views (dibaca)  725 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Irigasi Waimatakabo milik Balai Wilayah Sungai…

Kota Jayapura Rawan Bencana Banjir dan Longsor

 754 total views (dibaca)  754 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Masyarakat Kota Jayapura dihimbau untuk mewaspadai…

Ruslan Hurasan Kunjungi Posko Pencegahan Covid-19 Leihitu

 670 total views (dibaca)  670 total views (dibaca) Ambon, TN – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi…

Kerukunan Antar Umat Beragama di Merauke Tetap Terjaga

 1,625 total views (dibaca)  1,625 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rapat koordinasi tim kewaspadaan dini…

Kota Ambon Kembali ke Zona Orange Penyebaran Covid-19

 765 total views (dibaca)  765 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Setelah sebelumnya berada di zona Merah,…

Meminimalisir Keterlambatan Pekerjaan Fisik, Pemprov Sulsel Tayangkan Tender Dini di LPSE

 669 total views (dibaca)  669 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah menayangkan…