Wali Kota Ternate: KORPRI, Satu-satunya Wadah Bagi Pegawai Republik Indonesia

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menjadi Inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-51 Tahun 2022, yang digelar di Halaman Kantor Wali Kota Ternate, Selasa (29/11/2022). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman menjadi Inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-51 Tahun 2022, yang digelar di Halaman Kantor Wali Kota Ternate, Selasa (29/11/2022).

Wali Kota Ternate dalam amanatnya mengatakan, sejak pertama kali berdiri, KORPRI sebagai satu-satunya wadah bagi Pegawai Republik Indonesia selalu berupaya dalam meneguhkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu bangsa, menjaga netralitas, dan hanya berkomitmen tegak lurus terhadap kepentingan bangsa dan negara.

“Di usia yang telah menginjak 51 tahun ini, KORPRI telah menjadi wadah yang kuat dan terus bersinergi demi pembangunan bangsa ini. KORPRI juga dituntut untuk bisa berinovasi merespon perkembangan jaman, yang semakin terdigitalisasi,” kata Wali Kota.

Menurutnya, ASN harus bisa bertransformasi menuju sistem digital. Selain itu, seluruh anggota KORPRI harus menjadi pionir untuk mewujudkan pemerintahan yang berbasis teknologi digital yang terhubung dan terintergrasi satu sama lain, sehingga tata kelola pemerintahan dan pelayanan menjadi semakin efektif dan efisien.

“ASN harus hadir sebagai kelompok yang mampu mengkolaborasikan sistem sosial untuk menemukan solusi-solusi konkret dalam pemecahan masalah dan problematika bangsa, melalui tugas dan tanggung jawab ASN, khususnya memberikan pelayanan terbaik bagi Negara dan masyarakat Indonesia,” ujar dia.

Di akhir amanatnya, Wali Kota mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh keluarga dan anggota KORPRI yang telah, sedang dan akan terus mengemban tugasnya mengabdi kepada Negara.

“Saya mengajak seluruh ASN lingkup Pemerintah Kota Ternate, untuk menjadikan hal ini sebagai kekuatan untuk KORPRI dapat melayani, berkontribusi, dan berinovasi, sehingga KORPRI semakin tangguh dan semakin tumbuh,” tutupnya

Usai upacara, Wali Kota Ternate menyerahkan penghargaan administrasi kepegawaian terbaik kepada Dinas Ketahanan Pangan, BPBD, dan Sekretariat DPRD, serta penyerahan bantuan mobil ambulance untuk ASN Pemkot Ternate, pemberian 200 paket sembako kepada ASN sebagai bentuk tali asih untuk ASN, dan pemberian SK Pensiun kepada Sekretaris Dispora Abd. Azis Tukuboya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba yang digelar dalam rangka HUT KORPRI ke-51, yakni Lomba Bulu Tangkis, Lomba Paduan Suara, dan Lomba MC serta penyerahan piagam penghargaan kepada Kelurahan Kalumpang atas prestasinya sebagai Juara II Lomba Desa Kelurahan Tingkat Regional IV Wilayah Nusa Tenggara dan Papua.

Wali Kota Ternate juga menerima penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri yang telah diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri Jenderal Pol. (Purn.) Prof. H. Tito Karnavian, Ph.D. atas prestasinya melakukan pembinaan kepada Kelurahan Kalumpang.