Wali Kota Ternate: KOLOLI Dapat Mempermudah Pekerjaan ASN

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengatakan, Kolaborasi Layanan Online Administrasi Kepegawaian (KOLOLI) dapat mempermudah pekerjaan-pekerjaan Aparatur Sipil Negara (ASN), di lingkup Pemerintah Kota Ternate.

“Saya mendukung adanya KOLOLI ini, karena akan mempermudah ASN yang bekerja maksimal. Saya setuju juga dengan Pak Kaban BKPSDM bahwa KOLOLI ini harus dikembangkan, agar ada evolusi dari pekerjaan dalam mendukung perubahan di era digital,” ucap Wali Kota Ternate kepada wartawan, di Ternate, Senin (19/12/2022).

Wali Kota juga berharap, KOLOLI ini tidak hanya di replika pada OPD yang ada di lingkup Pemkot Ternate semata, tetapi juga bisa di replika oleh kabupaten/kota yang ada di Maluku Utara.

Sementara itu, Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, KOLOLI ini tidak semata hanya menjadi bagian daripada program PKA salah satu reformer di BKPSDMD, tapi juga menjadi inovasi tersendiri dari BKPSDMD, karena inovasi ini mendukung program Wali Kota Ternate, yaitu pemerintahan yang ekstraktif.

“Setelah kita melakukan launching ini, maka seluruh aparatur khususnya pelayanan terhadap organisasi kepegawaian sudah menggunakan aplikasi KOLOLI. Aplikasi ini memiliki berbagai macam kemudahan termasuk kita bisa work from anywhere. Kedua, aplikasi ini adalah layanan aplikasi asli buatan internal BKPSDMD,” kata dia.

Menurutnya, aplikasi ini akhirnya bisa menguntungkan semua pihak. Pertama kepada atasan, yakni atasan bisa mengontrol semua surat masuk hanya melalui aplikasi KOLOLI, sehingga sangat efektif dan efisien.

“Kami juga berharap peningkatan dari aplikasi ini ada kolaborasi dari Dinas Kominfo Sandi agar segera bisa merekap seluruh aplikasi, sehingga proses pelaksanaan digitalisasi ini jalan, dan Kominfo Sandi bisa mengambil peran di layanan tanda tangan digital,” tandas dia.