Berita

Wali Kota Kendari Resmikan Pusat Penanganan Penyakit Infeksi Terintegrasi

×

Wali Kota Kendari Resmikan Pusat Penanganan Penyakit Infeksi Terintegrasi

Sebarkan artikel ini
Peresmian Gedung Infection Center RSUD Kota Kendari, ditandai dengan Penekanan Tombol dan Penandatangan Prasasti oleh Wali Kota, Pelepasan Balon Oleh Wakil Walikota, serta Pengguntingan Pita Oleh Ketua TP-PKK Kota Kendari. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, KENDARI – Untuk meningkatkan mutu pelayanan serta untuk menangani penyakit infeksi, Wali Kota Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir meresmikan Gedung Infection Center (Pusat Penanganan Penyakit Infeksi) RSUD Kota Kendari, Selasa (1/12/2020)

1552
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Peresmian ditandai dengan Penekanan Tombol dan Penandatangan Prasasti oleh Wali Kota, Pelepasan Balon Oleh Wakil Walikota, serta Pengguntingan Pita Oleh Ketua TP-PKK Kota Kendari.

Gedung yang di diresmikan ini terintegrasi seusai dengan standar penanganan Covid-19, serta sesuai dengan Permenkes Nomor 24 tahun 2016 Tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit.

Pada kesempatan itu Wali Kota Kendari mengapresiasi kinerja petugas kesehatan, sebagai garda terdepan selama masa pandemi ini.

“Pada seluruh jajaran termasuk tenaga medis yang sudah bekerja keras dan mengerahkan semua kemampuan untuk menangani Covid 19, bahkan tidak kurang dari mereka yang harus terpapar, harus kita apresiasi dan beri dukungan,” ucapnya dalam rilis yang diterima Teropongnews.com.

Lebih lanjut Wali Kota mengatakan, gedung infection center ini diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi masyarakat Kota Kendari, dalam melawan Wabah Covid-19.

“Meskipun Gedung Infection Center sudah dapat kita manfaatkan hari ini, kita menghimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin serta protokol kesehatan terus dipatuhi,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum mengungkapkan, Gedung Infection Center mempunyai fungsi penanganan untuk menangani penyakit infeksi seperti TBC, HIV terutama pada masa Pandemi Covid-19.

“Dengan bantuan kita semua, dan juga dukungan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Apabila kita semua bekerja sama pandemi Covid 19 akan bisa kita lewati,” tutupnya.

Gedung Infection Center RSUD Kota Kendari memiliki Ruang Perawatan isolasi sebanyak 40 kamar, UGD 24 jam yg dilengkapi dengan ruang dekontaminasi, laboratorium biomolekuler yang akan melayani pemeriksaan PCR, Radiologi yg dilengkapi dengan mobile x-ray, ICU, Ruang depo farmasi, Ruang pemulasaran jenazah, Serta Instalasi Osigen terpusat guna mendukung perawatan penyakit infeksius , khususnya selama masa pandemi Covid-19.