Berita

Wali Kota: Kami Berkomitmen Dalam Percepatan Penurunan Stunting

×

Wali Kota: Kami Berkomitmen Dalam Percepatan Penurunan Stunting

Sebarkan artikel ini

TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Prevalensi stunting di Maluku Utara berdasarkan hasil Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 di Maluku Utara sebesar 27,5 persen, dan Kota Ternate sebesar 24 persen. Dimana angka tersebut masih jauh di atas batas yang ditetapkan oleh WHO, yakni 20 persen.

1386
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Berdasarkan data tersebut, Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman menyatakan, jika Pemerintah telah melakukan perencanaan penanggulangan stunting, untuk penguatan percepatan penurunan stunting.

“Pemerintah Kota Ternate sudah melakukan perencanaan, dengan menetapkan 19 Kelurahan sebagai lokasi fokus intervensi pencegahan dan penanggulangan stunting, serta pendampingan keluarga,” ujar Wali Kota Ternate kepada wartawan, di Ternate, Rabu (12/1/2022).

Menurutnya, hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Walikota Ternate Nomor: 137/II.13/KT/2021 tentang Tim Pendamping Keluarga (TPK) Percepatan Pencegahan dan Penanggulangan Stunting per Kelurahan di Kota Ternate.

Upaya lain yang akan dilaksanakan diantaranya pendampingan keluarga yang memiliki ibu hamil, ibu pasca persalinan, balita serta calon pengantin untuk mendeteksi dini faktor resiko stunting.

“Perlu kerjasama dan sinergis atau kolaborasi antara pemerintah, swasta, perguruan tinggi, dan lembaga masyarakat,” pungkas dia.

Wali Kota Ternate juga berharap, lokakarya yang digelar pihaknya, dapat memperluas pemahaman tentang stunting dan memunculkan alternatif solusi yang dapat diaplikasikan, dalam pelaksanaan program bangga kencana di tingkat kelurahan dalam penanganan stunting di Kota Ternate.

Untuk diketahui, dalam rangka membangun sinergitas dan upaya pencapaian target/sasaran program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) Tahun 2020-2024 dengan sektor terkait dan Komitmen Pemerintah Kota Ternate dalam Percepatan Penurunan Stunting, yang digelar di Ballroom Hotel Muara, Rabu (12/1/2022).

Kegiatan ini merupakan buah dari komitmen Pemerintah Daerah dalam upaya percepatan penurunan stunting khususnya di Kota Ternate melalui Surat Keputusan Walikota Ternate No. 117/II.2/KT/2021 tentang Pembentukan Tim Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kota Ternate.