Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy. Foto-Ist/TN

 2,719 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menyatakan, pihaknya tidak dapat mentolerir karya musisi daerah yang terdistorsi nilai moral, etika, dan spiritual, masyarakat, terlebih melecehkan kaum perempuan. Apalagi, Kota Ambon dengan predikat sebagai City Of Music,

Hal ini dikatakan Wali Kota menganggapi karya salah satu musisi asal Maluku yang berdomisili di Jakarta, Emola, dalam lagu dengan judul kontroversial “Ale Itu Lonte”, yang disebarkan via kanal youtube pribadi miliknya.

“Narasi lirik lagu karya Emola ini terlalu diskriminatif, tendesius, melecehkan kaum perempuan. Padahal, kita tahu kaum perempuan harus mendapat tempat yang terhormat, dan dilindungi di masyarakat,” jelas Wali Kota kepada wartawan, di Balai Kota Ambon, Jumat (19/3/2021).

Lirik lagu Emola dengan judul kontroversial diprotes oleh kelompok aktivis perempuan dan akademisi di Kota Ambon, karena dinilai seksis dan diskriminatif, serta melecehkan. Petisi pun dibuat dan disebarkan untuk menolak karya tersebut.

Penolakan terhadap karya Emola, mengakibatkan klip lagu yang kontroversial itu di hapus Youtube. Emola sendiri pada 14 Maret 2021 melakukan live streaming klarifikasi atas karya terbarunya itu, dan selanjutnya pada 16 Maret kembali melakukan live streaming permintaan maaf, khususnya bagi perempuan di Kota Ambon, dan aktivis perempuan terkait lagu ciptaannya.

Kendati demikian, dalam live streaming Emola, ada sebuah akun yang mengatasnamakan Ambon Music Official (AMO) memberikan statement mendukung Emola dengan lagunya yang telah menjadi polemik, bahkan menilai bahwa mereka yang menolak karya Emola tersebut, adalah orang–orang yang berpikiran sempit.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Ambon menegaskan, AMO tidak memiliki kaitan dengan cipta–mencipta lagu, karena tugas AMO adalah mengakomodir, mengatur kebijakan strategis dalam pengembangan Ambon sebagai kota musik.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Bagian Hukum serta Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian, akan melapor ke pihak berwajib, untuk menelusuri siapa yang bertanggungjawab atas penggunakan akun AMO di live streaming Emola.

Pemerintah dan masyarakat Kota Ambon, ujar Wali Kota, memberikan apresiasi, kepada Emola dan musisi lainnya, agar tetap menghasilkan karya yang berkualitas. Namun ia meminta agar para musisi dapat mempertimbangkan nilai etika, moral dan kultural yang hidup di masyarakat.

“Kita berikan apresiasi kepada bung Emola yang sudah minta maaf, saya yakin Emola sama sekali tidak ada tendesi, tetapi hanya mengungkapkan isi hatinya secara spontan lewat lagu, dan sudah inisiatif tidak menyebarkan karya itu lagi di youtube,” tandas Wali Kota.

Berita lain untuk anda

Seorang Pria Di Sorong Ditemukan Tewas Gantung Diri

 2,426 kali dilihat 2,426 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Seorang pria paruh baya beriniasl Sw (40) ditemukan…

Optimis PMK2 Menang Telak di Dataran Beimes, Ini Kata Parpol Pengusung

 2,600 kali dilihat 2,600 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM,BINTUNI– Partai politik pengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati…

UPDATE : BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Papua Barat, ini Wilayah-wilayahnya !

 2,716 kali dilihat 2,716 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Setelah terjadinya cuaca ekstrim di wilayah Sorong Raya…

Dua Warga Kendari Positif Terpapar Covid-19

 2,514 kali dilihat 2,514 kali dilihat Kendari, TN – Wali Kota Kendari, H. Sulkarnain K mengumumkan…

Polres Maybrat Bagikan Paket Bansos kepada Sopir dan Pedagang OAP

 3,532 kali dilihat 3,532 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAYBRAT – Polres Maybrat menyalurkan 66 paket bantuan sosial untuk…

Ketersediaan Bapok di Kaimana Aman Hingga Lebaran 1442 H

 2,621 kali dilihat 2,621 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, KAIMANA- Ketersediaan stock bahan pokok (bapok) di kabupaten Kaimana,…

Kepala Perwakilan BI Maluku Dikukuhkan, Ini Pesan Gubernur Murad

 3,729 kali dilihat 3,729 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Destry…

Pelaku Perjalanan Wajib Rapid Test Antigen di Rumah Sakit

 2,513 kali dilihat 2,513 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Bagi pelaku perjalanan yang akan berangkat keluar…

Petrus Kasihiw Tuntut Polisi dan Bawaslu Bertanggungjawab

 2,526 kali dilihat 2,526 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, BINTUNI – Ir Petrus Kasihiw MT, Bupati Teluk Bintuni…

Pemkab Raja Ampat Perpanjang Waktu Operasional Tempat Usaha

 2,697 kali dilihat 2,697 kali dilihat Waisai, TN- Pemerintah kabupaten Raja Ampat kembali mengeluarkan edaran tentang…