Waket 1 DPR Papua Buka Turnamen Yoka Cup

Wakil Ketua (Waket) 1 DPR Provinsi Papua, Yunus Wonda membuka turnamen Yoka Cup di lapangan sepak bola Kampung Henaebhulu Yoka, Minggu (11/11/2022). Foto-NestaMakuba/TN

TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Turnamen sepak bola Yoka Cup ke-VII resmi dibuka Wakil Ketua (Waket) 1 DPR Provinsi Papua, Yunus Wonda, Minggu (13/11/2022).

Pembukaan kegiatan yang berlangsung di lapangan sepak bola Kampung Henaebhulu Yoka ini diikuti 43 tim sepak bola di Kota-Kabupaten Jayapura.

Dalam sambutannya, Yunus Wonda berharap ivent tersebut dapat menghasilkan pemain-pemain berbakat yang kedepannya dapat mengisi klub-klub profesional di tanah air, salah satunya Persipura Jayapura.

“Harus ada regenerasi, harus kita lihat dan ambil anak-anak yang punya potensi di kampung, karena mereka memiliki stamina yang alamiah,”ujar Waket 1 DPR Papua.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Ketua KONI Provinsi Papua ini, iven-ivent olahraga di tingkat kampung perlu juga untuk dilirik agar kiranya dapat mengisi slot atlit-atlit yang akan menuju PON Sumatera di tahun 2024 mendatang.

“Jadi kita tidak lagi beli-beli atlit dari luar, karena sudah bisa menghasilkan atlit dan memiliki stok atlit untuk ivent tingkat nasional, bahkan internasional,”ujar Wonda.

Untuk diketahui, turnamen Yoka Cup yang diikuti 42 tim sepak bola akan berlangsung di lapangan sepak bola Yoka dan lapangan Mahacandra Uncen Waena Jayapura. Seluruh tim akan memperebutkan piala bergilir dan piala tetap, serta uang pembinaan dengan rincian, juara 1 sebesar Rp.20 juta, juara II sebesar Rp.15 juta, juara III sebesar Rp.10 juta dan juara harapan 1 sebesar Rp.5 juta.