Berita

WAJAR Dua Jam Dimulai, Warga Ambon Begitu Antusias

×

WAJAR Dua Jam Dimulai, Warga Ambon Begitu Antusias

Sebarkan artikel ini
Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena saat menerima kehadiran warga di program Wali Kota Jumpa Rakyat (WAJAR) selama 2 Jam, yang berlangsung Jumat (26/8/2022), di teras Balai Kota Ambon. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar program Wali Kota Jumpa Rakyat (WAJAR) selama 2 Jam. Dalam kegiatan yang dilaksanakan Jumat (26/8/2022) di teras Balai Kota Ambon, terlihat antusiasme masyarakat yang datang menyampaikan aspirasi secara langsung kepada Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, yang didampingi para pimpinan OPD.

“Kali pertama kita melaksanakan program WAJAR 2 jam ya, dan kita bersyukur bahwa walaupun di tengah situasi hujan yang cukup deras mengguyur kota ini, tetapi masyarakat juga sangat antusias untuk menyampaikan aspirasi mereka,” kata Penjabat usai program.

Menurutnya, ada sekitar enam kelompok masyarakat yang datang ke Balai Kota Ambon, untuk menyampaikan berbagai persoalan yang mereka hadapi.

4330
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Yang disampaikan cukup beragam, ada persoalan pasar ada persoalan lingkungan, kenyamanan berusaha. Semua itu disampaikan, dan kita bersyukur bahwa dengan program ini ternyata mudah untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan,” ungkapnya.

Menurut Wattimena, aspirasi yang disampaikan adalah tanggung jawab pemerintah untuk menidaklanjuti.

“Misalnya ada masyarakat yang melapor bahwa air sudah lima hari tidak jalan, langsung saya hubungi direktur DSA, untuk segera tangani, dan nanti kita evaluasi, seberapa cepat ini direspon,” terangnya.

Dia mengungkapkan, selain untuk menyerap aspirasi masyarakat, WAJAR 2 jam juga menjadi ajang evaluasi pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ambon.

“Ada momen, dan ada cara saya untuk melakukan evaluasi terhadap masing-masing OPD, dan inilah saatnya. Kalau ada masalah, keluhan tentang air bersih tentang jalan yang rusak, bagaimana respon Dinas PUPR, atau tentang pasar, Bagaimana respon dari Dinas Perindag. Inilah yang kita gunakan untuk mengevaluasi kinerja masing-masing OPD,” tegas Wattimena.

Lebih lanjut dia menambahkan, WAJAR 2 jam akan terus berlanjut setiap hari Jumat, dan tidak hanya di Balai Kota Ambon saja, tetapi juga di tiap kantor kecamatan, kelurahan dan desa/negeri.

“Tentunya program ini akan tetap berjalan setiap hari Jumat pukul 08.00 WIT-10.00 WIT pagi. Ada atau tidak ada saya di Kota Ambon, tetap harus jalan, karena bisa saja masyarakat diterima oleh Sekot dan pimpinan OPD,” tutup Wattimena.