Berita

Wah! Di ADWI 2023, Negeri Rutong Masuk 75 Besar

×

Wah! Di ADWI 2023, Negeri Rutong Masuk 75 Besar

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Ambon, Rico Hayat dengan Raja Negeri Rutong, Reza Valdo Maspaitella. Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Setelah berhasil melewati tiga tahap, yakni tahap pendaftaran dengan jumlah pendaftar sebanyak 4.573 desa wisata, kemudian tahap seleksi 500 dan 300 besar, Negeri Rutong, Kecamatan Leitimur Selatan, Kota Ambon berhasil masuk 75 besar ajang bergengsi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Ke-75 desa terpilih oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menerima penghargaan dari lima kategori yaitu; Daya Tarik Pengunjung, Homestay & Toilet, Digital & Kreatif, dan Kelembagaan Desa Wisata & CHSE.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisparbud) Kota Ambon, Rico Hayat, Negeri Rutong diikutsertakan dalam acara bergengsi ini dengan tujuan dijadikan sebagai pilot project, guna pengembangan destinasi wisata, bagi desa/negeri lainnya yang berada dalam lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

2361
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

“Ini merupakan pilot project untuk kreatif membangun desa/negeri supaya di tahun-tahun berikutnya, kami bisa ikut serta. Dan kenapa kami memilih Negeri Rutong, karena sudah dikategorikan siap, untuk diadu dengan desa-desa lainnya di seluruh Indonesia,” ungkapnya saat dihubungi dari Ambon, Selasa (21/3/2023).

Dia mengaku, dengan masuknya Negeri Rutong dalam tahap 75 besar, maka hal ini patut disyukuri oleh pemkot dan masyarakat Kota Ambon.

Negeri Rutong sebagai salah satu desa wisata yang dicanangkan di Kota Ambon, ujar Rico, menawarkan wisata adat, wisata budaya, ekowisata, dan wisata lainnya. Namun pada ajang ADWI, penilaian juga difokuskan pada perkembangan digitalisasi dan ekonomi kreatif.

“Penilaian juga difokus kepada digitalisasi dan ekonomi kreatif, karena Rutong telah memenuhi unsur itu,” terangnya.

Rico berujar, untuk proses penilaiannya sendiri nanti Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno akan menyambangi ke 75 desa ini, lalu kemudian penghargaan ADWI akan diberikan pada Bulan Oktober mendatang.