Wagub Kaltim Canangkan Penanaman Bibit Sengon

Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), H Hadi Mulyadi mencanangkan penanaman bibit Sengon di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu Kutai Kartanegara, Selasa (8/12/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, TENGGARONG – Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), H Hadi Mulyadi mencanangkan penanaman bibit Sengon di Desa Jonggon Jaya, Kecamatan Loa Kulu Kutai Kartanegara, Selasa (8/12/2020).

Hadi bersyukur melalui penanaman bibit tersebut seluruh rakyat Jonggon Jaya siap, untuk menyukseskan program pembangunan hutan rakyat di Kaltim yang digagas Dinas Kehutanan Kaltim.

“Kami bersyukur masyarakat Jonggon Jaya siap membangun program hutan rakyat, dengan cara penanaman bibit sengon,” kata Hadi Mulyadi lewat siaran persnya yang diterima Teropongnews.com, Rabu (9/12/2020).

Hadi berharap, program ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, tak terkecuali warga Jonggon Jaya. Selain penanaman ini sebagai wujud pelestarian lingkungan, juga mendukung peningkatan perekonomian masyarakat.

Karena, telah memanfaatkan hutan untuk kepentingan masyarakat. Kedepannya, bukan hanya tanaman keras, tapi bisa program tumpang sari, yaitu bisa dengan menanam jahe, sukun dan porang.

“Dengan begitu kita harapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat Kaltim khususnya Kutai Kartanegara,” ujar Hadi.

Sementara itu, Kepala Dishut Provinsi Kaltim, Amrullah mengatakan total bibit yang dibagikan di Jonggon Jaya sebanyak 102.000 bibit untuk dua Kelompok Tani.

“Bibit diperuntukkan bagi Kelompok Tani Purnama Jaya dengan lahan seluas 50 hektar dan Harapan Jaya dengan lahan seluas 100 hektar. Dengan jarak tanam 4×4 meter,” jelasnya.