Proses pemuatan Alkes C-19 dan Bama ke Kabupaten Mamberamo Raya. (Foto/Ist)

 450 total views (dibaca)

Jayapura, TN – Pengiriman Alat Kesehatan (Alkes) Covid-19 di Kabupaten Mamberamo Raya dikabarkan tak sampai di lokasi, lantaran kapal pengangkut Alkes tersebut, diminta kembali oleh Kadis Perhubungan Provinsi Papua, Minggu (5/4) sore.

Kapal pemuat logistic tersebut harus kembali ke Jayapura, setelah adanya permintaan langsung oleh KSOP Jayapura atas perintah Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, dengan alasan belum ada ijin gubernur dan mengangkut penumpang illegal.

“Tim Gugus Tugas Covid-19 Mamberamo Raya langsung menyiapkan alat kesehatan termasuk APD dan bama untuk berangkat, namun kapal tidak bisa membawa alkes dan bama itu,  lantaran ada perintah kapal harus kembali,” kata  Kadis Perhubungan Kabupaten Mamberamo Raya, James Wanda, Minggu (6/4/2020).

Ia menyebut, posisi kapal saat diminta kembali ke Jayapura berada di perairan Demta atau 3 jam perjalanan dari Pelabuhan Jayapura, dimana sesuai prosedurnya pihaknya telah mengantongi persyaratan dan dokumen lengkap.

Penuturannya, oleh perintah Kepala KSOP Jayapura sebabagaimana  permintaan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua, bahwa kapal tersebut harus kembali ke Jayapura, dengan alasan tidak ada surat ijin gubernur.

“Ini yang jadi pertanyaan, kami bawa Alkes C-19, tapi di minta kembali dengan alasan ada penumpang liar, Saya bingung terus terang,” katanya.

Terkait dengan perijinan, lanjutnya persyaratan terkait dengan pengiriman barang sudah dilakukan, termasuk menyurati ke Kementerian Perhubungan, pemilik kapal pemberitahun untuk Gubernur Papua, Sekda Papua, Pangdam, Kapolda, Dinas Kesehatan dan lainnya dimana semua memberikan respon baik.

Hanya saja, ia sempat mendapat penolakan dari Kadis perhubungan  saat ia mengantar surat perijinan tersebut.  “Saya antar surat itu ke rumah bapak Kadis Perhubungan, tapi diminta diantar di kantornya. Padahal, ASN disuruh kerja di rumah, tidak boleh kumpul-kumpul, bahkan sempat mengancam tidak memberangkatkan kapal,” ungkap James Wanda.

Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mamberamo Raya, Deden Sumantri menambahkan, semua administrasi persyaratan yang berhubungan dengan pengiriman barang melalui KM Lestari lengkap dan telah dikirim ke Dirjen Perhubungan di Jakarta.

“Kita usahakan itu, karena supaya peralatan dan kebutuhan dasar rakyat Mamberamo Raya itu kita bisa penuhi, sehingga kita usahakan secepatnya,” ujarnya.

Deden yang juga Kepala BPBD Mamberamo Raya ini mengatakan pihaknya ingin bergerak cepat, Mamberamo Raya tidak masuk dalam kategori daerah merah dalam penanganan virus Corona atau Covid-19.

Tokoh Pemuda Mamberamo Raya, Mesak Bilasi mendesak Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua untuk bertanggungjawab atas penarikan atau penahanan kapal KM Lestari yang memuat alat kesehatan C-19 dan bama. Menurutnya, Alkes tersebut merupakan prioritas yang harus sesegera mungkin ada di Kabupaten Mamberamo Raya.

“Tujuannya apa dia, apakah mau membunuh rakyat di Mamberamo Raya? Tolong ini harus dipertanggungjawabkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua,” tanyanya. Hingga berita ini di turunkan belum ada pernyataan resmi Kadis Perhubungan terkait yang tersebut.

Berita lain untuk anda

Pemprov Maluku Diminta Gelar Operasi Pasar

 482 total views (dibaca)  482 total views (dibaca) Ambon, TN – Untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok…

Jimmy Ijie: Soal Banjir Di Kota Sorong Jangan Saling Lempar Tanggungjawab

 427 total views (dibaca)  427 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Anggota DPR RI Dapil Papua Barat, Jimmy…

Warga Kampung Masina Dukungan Pemda Tempatkan Lokasi Karantina

 387 total views (dibaca)  387 total views (dibaca) Bintuni,TN– Dalam menghadapi pandemi corona virus disease 2019 (COVID-19)…

Hari Pertama Random Check Antigen di Bandara Mopah Merauke, Hasilnya Negatif

 453 total views (dibaca)  453 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Dalam rangka pencegahan penanggulangan wabah virus…

ABK Tanker MT 18 Falcon Yang Hilang di Perairan Misool Ditemukan Meninggal Dunia

 467 total views (dibaca)  467 total views (dibaca) TEROPONGMEWS.COM, SORONG – Seorang Anak Buah Kapal (ABK) Tanker…

Persipura Sambut Baik Penghentian Shope Liga 1 2020

 491 total views (dibaca)  491 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, JAYAPURA – Manajemen Persipura Jayapura menyambut Baik langkah…

Enam Mahasiswa Ambon Selesaikan Studi di Jepang

 454 total views (dibaca)  454 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy memberi…

Danrem 181/PVT Jalin Silaturahmi Dengan Insan Pers se-Sorong Raya

 398 total views (dibaca)  398 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – Komandan Korem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri,…

Sejumlah Persoalan Ditemukan Kolatlena Saat Reses

 434 total views (dibaca)  434 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Anggota DPRD Provinsi Maluku, Alimudin Kolatlena…

BPJS Goes To School Ajak Pelajar Skrining Kesehatan Lewat Aplikasi Mobile JKN

 460 total views (dibaca)  460 total views (dibaca) TEROPONGNEWS.COM,SORONG – BPJS Kesehatan Cabang Sorong melakukan kunjungan ke…