Berita

Wabup Raja 4 : Turnamen Sagawin Cup I Ajang Promosi Sagawin sebagai Situs Religi

0
×

Wabup Raja 4 : Turnamen Sagawin Cup I Ajang Promosi Sagawin sebagai Situs Religi

Sebarkan artikel ini
Wakil bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam membuka turnamen Sagawin Cup I tahun 2022 ditandai dengan penyerahan bola kepada wasit. Foto Wim/TN

TEROPONGNEWS.COM, RAJA AMPAT- Turnamen Sepak Bola Sagawin Cup I secara resmi dibuka oleh Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam di lapangan sepak bola kampung Kaliam distrik Salawati Barat Raja Ampat Rabu, (16/2/2022).

1033
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Turnamen sepak bola Sagawin Cup I Tahun 2022 tersebut bertujuan untuk mempromosikan pulau Sagawin. Dimana di pulau yang letaknya di ujung pintu masuk tanah Papua itu terdapat sebuah situs rohani.

Menurut catatan sejarah, ketika dua rasul Papua Carl Willem Otto and Johan Gottlod Geissler sebelum tiba di tanah Mansinam Manokwari pada 05 Februari 1855 atau 167 tahun lalu, kedua rasul Papua itu sempat singgah di pulau Sagawin kabupaten Raja Ampat, sebelum melanjutkan perjalanan ke Mansinam.

Itu sebabnya pulau Sagawin pulau kecil yang letaknya diantara pulau Salawati dan Batanta itu, telah dibangun sebuah peradaban patung Kristus Memberkati di ujung pulau tersebut, sebagai peringatan akan perjalanan pelayanan dua rasul Papua, Otto dan Geisler.

“Turnamen sepak bola Sagawin Cup I tahun 2022 ini bertujuan untuk mempromosikan pulau Sagawin, karena pulau Sagawin merupakan salah satu aset kabupaten Raja Ampat, di pulau itu terdapat situs sejarah atau situs religi yang perlu kita lestarikan dan kita jaga,” ujar wakil bupati Raja Ampat, Orideko Burdam.

Ia pun minta para pemain yang adalah anak asli pulau Salawati dan Batanta kabupaten Raja Ampat itu, harus menunjukan prestasi terbaiknya, khususnya dalam mengolah si kulit bundar.

“Saya harap adik-adik menunjukan prestasi terbaiknya. Sebab lewat turnamen ini kami kemas untuk adik-adik yang mempunyai prestasi terbaik akan dilirik untuk bergabung dalam satu tim mewakili Salawati Batanta pada open turnamen piala Raja November 2022 mendatang ,” terang ORI Burdam.

Selain itu kata mantan Kepala BPKAD Raja Ampat itu, yang terpenting turnamen tersebut juga bertujuan menghidupkan kembali persepak bola handal dari kabupaten Bahari ini yang sudah lama tidur alias mati suri.

Burdam berharap lewat turnamen yang digagas dirinya ini, akan melahirkan pemain-pemain berprestasi dari kabupaten Raja Ampat, bukan hanya di tingkat daerah, melainkan sampai tingkat nasional maupun internasional.

Lewat turnamen sepak bola tersebut, panitia menyiapkan Trophy di luar uang pembinaan bagi juara I sebesar @Rp20 juta, juara II @Rp15 juta, juara III @Rp10 juta, juara Harapan I @Rp5 juta.

Khusus untuk pemain terbaik dan Top Skor juga mendapatkan uang pembinaan. Panitia juga menyiapkan hadiah @Rp5 juta jugabuat suporter tim yang kreatif saat memeriahkan turnamen tersebut.

Turnamen sepak bola Sagawin Cup I 2022 ini dibagi dalam 4 pool masing-masing pool 4 tim diantaranya.

Pool A

  1. Kuri Pasai
  2. Yenanas FC
  3. Warwer FC
  4. Batanta Utar

Pool B

  1. Salawti Utara
  2. Papilau FC
  3. Yembeyar FC
  4. Waiman FC

Pool C

  1. Kalwl
  2. Batsel FC
  3. Sulow Star
  4. Solol Star

Pool D

  1. Kalyam B
  2. Boyd Man FC
  3. Kalyam A
  4. Samudra