Wabup Merauke Sebut 5 Program Prioritas Menjadi Agenda Musrembang RKPD Tingkat Distrik

Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Wakil Bupati Merauke H. Riduwan, mengatakan bahwa ada lima prioritas musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat distrik tahun 2022.

Lima prioritas yang menjadi agenda Musrenbang RKPD tahun 2023 yaitu pemenuhan pelayanan dasar, pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, melestraikan nilai budaya dan pemberdayaan masyarakat adat, meningkatkan konektifitas dasar transporasi antara ibu kota, distrik dan kampung serta peningkatan kualitas lingkungan hidup.

“Melalui Musrenbang ini akan muncul pemikiran-pemikiran yang cerdas, inovatif dan kreatif di setiap sektor pembangunan, menuju Merauke Bangkit dan Sejahtera,” ungkap Wabup usai membuka kegiatan tersebut di Merauke Senin (7/3/2022).

Kali ini pelaksanaan Musrenbang dilakukan secara Zoom Meeting diikuti para kepala distrik se-Kabupaten Merauke, dengan pusat panduannya di Kantor Bapeda-Litbang setempat.

J. Riduwan mengatakan, kegiatan ini sangat penting, karena terdapat beberapa agenda pemerintah yang harus disinkronkan dengan agenda pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten yang memberikan dampak terhadap dokumen perencanaan dan penganggaran.

Ia berharap, hasilnya nanti akan mampu meningkatkan kualitas penyusunan perencanaan pembangunan di Kabupaten Merauke tahun 2023, yang didasarkan hasil evaluasi RKPJ tahun sebelumnya dan program prioritas pembangunan.

Musrenbang tingkat distrik tahun 2022 diawali Distrik Merauke, Semangga dan Distrik Tanah Miring melalui Zoom Meeting yang berlangsung tanggal 7-14 Maret 2022 dengan tema, Percepatan Pemenuhan Pelayanan Masyarakat Dengan Memperhatikan Aspek Kebudayaan dan Kewilayahan Untuk Mendukung Potensi Pemasaran.