Wabup Merauke Ikut Tanam Pohon dan Bunga di Sekitar Terminal Wamanggu

Penanaman bunga dan pohon di sekitar Terminal Pasar Wamanggu Merauke. Foto-Getty/TN

TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Wakil Bupati Merauke, H. Riduwan ikut menanam bunga dan tanaman pohon di lahan kosong sekitar Terminal Pasar Wamanggu Merauke, Senin (09/08).

Penanaman ini bagian dari kegiatan rutin Dinas Lingkungan Hidup (DLH), guna menjadikan Kota Merauke terlihat lebih sejuk, teduh dan tidak gersang.

“Tujuan menanam bunga dan pohon, selain membuat kota asri, rindang, juga membuat udara lebih segar dan menghasilkan oksigen yang sehat,” ujar Wabup di lokasi tanam.

Fungsi pohon menghasilkan oksigen melalui proses fotosintesis yang menyuplai energi melalui cahaya matahari, CO2, dan air yang diserap dalam tanah melalui akar. Semakin banyak pohon maka semakin banyak manfaat yang diterima manusia. Dan semakin banyak bunga, maka semakin indah suasana kota.

Ada pun jenis pohon yang ditanam yakni jati putih, sengon, hujan mas dan tabe buya. Sementara jenis bunga ada bunga anggin, bogenvil, bunga sepatu, pagoda, bunga pukul 9, dan krokot merah dan putih.

“Kita diminta untuk menanam di lahan kosong yang ada di lampu merah, di fasilitas umum dan median jalan,” sambung Kadis DLH, Harmini.