Plt. Direktur PDAM, Rulien Purmiasa. Foto-Ist/TN

 2,411 kali dilihat

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Harapan perbaikan pelayanan PDAM kini diemban Rulien Purmiasa sebagai Plt. Direktur PDAM yang baru usai dilantik oleh Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena menggantikan Alfonsus Tetelepta, Senin (1/8/2022), di Balai Kota Ambon.

Plt. Direktur PDAM, Rulien Purmiasa mengatakan, tingkat kebocoran air sampai 60 persen, menjadi prioritas untuk ditangani. Pasalnya, angka tersebut sudah diatas batas toleransi 20 persen bagi PDAM yang dikatakan baik atau sehat.

“Akurasi pemeriksaan meter jadi concern, juga manajemen piutang karena banyak yang belum tertagih di pelanggan,” ujar dia.

Menurutnya, semua bentuk perbaikan teknis dan manejerial PDAM dipandu dengan regulasi yang mencakup 3 tujuan BUMD, yakni memberikan manfaat bagi pertumbuhan ekonomi daerah, memenuhi hajat hidup orang banyak, serta memperoleh laba.

“Menuju tujuan tersebut ada 4 pilar aspek yang harus dibedah, yakni aspek layanan, SDM, operasi, dan keuangan,” kata Purmiasa yang juga menjabat Asisten Administrasi Umum Sekretaris Kota.

Lebih lanjut dia mengaku, waktu yang diberikan selama 6 bulan, untuk membenahi PDAM akan dimaksimalkan untuk melakukan hal-hal yang sifatnya prioritas bagi kepentingan masyarakat dan PDAM.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena dalam arahannya mengatakan, banyak persoalan dihadapi PDAM terkait pelayanan dasar air bersih bagi masyarakat, salah satunya kebocoran air yang mencapai 60 persen.

“Kebocoran 60 persen hasil audit BPK dan BPKP merupakan hal luar biasa, apakah tidak ada sistem pegawasan sehingga air bisa bocor dari produksi?,” tanya Wattimena.

Dia mengaku, ada titik lokasi dimana pipa PDAM bocor bertahun-tahun dan merusak badan jalan, namun hingga kini tidak ada perbaikan. Sementara disisi lain, masyarakat mengeluhkan air PDAM tidak mengalir.

“Ini yang harus diperbaiki. Artinya, pelayanan publik yang dilakukan mesti optimal, sehingga masyarakat tidak bersungut air tidak jalan dan sebagainya,” pintanya.

Berita lain untuk anda

Johanes Gluba Gebze : Pemerintah Lebih Bijak Tangani Masalah

 2,715 kali dilihat 2,715 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tokoh Masyarakat Selatan Papua Johanes Gluba Gebze…

Akun FB Palsu Kapolda Papua Barat Beraksi, Erwindi : Waspada Penipuan!

 2,872 kali dilihat 2,872 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MANOKWARI – Masyarakat Papua Barat maupun di luar Papua…

Wow! Ambon Jadi Kota Ketiga yang Disinggahi Peserta Sail 2 Indonesia

 7,416 kali dilihat 7,416 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Kota Ambon menjadi kota ketiga yang disinggahi…

Peluang Pemuda Papua Menjadi Pemimpin Masa Depan Indonesia Sangat Besar

 2,673 kali dilihat 2,673 kali dilihat TEROPONGNEWS. COM, JAKARTA – Isu negatif mengenai penegakan hukum dan…

Tinjau Abrasi di Takalar, Ini Kata PLT Gubernur Sulsel

 2,578 kali dilihat 2,578 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi…

Miangas Terancam Kerawanan Pangan

 2,557 kali dilihat 2,557 kali dilihat Talaud, TN – Dampak Covid-19 di seluruh Indonesia cukup mempengaruhi…

Kejari Taliabu Minta Penggunaan Anggaran Covid-19 Tidak Salahi Aturan

 2,735 kali dilihat 2,735 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Kejaksaan Negeri Pulau Taliabu meminta, agar penggunaan…

Tiga Nama Lolos Seleksi Bawaslu Papua Barat, Satu Diantaranya dari Unsur Pers

 2,916 kali dilihat 2,916 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, SORONG- Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia mengumumkan hasil…

Pemprov Sulsel Hadirkan Program Layanan Pemeriksaan Deteksi Dini Kanker Kulit

 1,342 kali dilihat 1,342 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, MAKASSAR – Menyusul tingginya angka kanker kulit yang menempati…

Dandim: Operasi Yustisi Sudah Direncanakan Sebelumnya

 2,543 kali dilihat 2,543 kali dilihat TEROPONGNEWS.COM, TERNATE – Dandim 1501/Ternate, Letkol Inf R Moch Iskandarmanto…