Upaya Relokasi, Pj. Walikota Sorong Borong Ikan di Pasar Boswesen

Pj. Walikota Sorong saat memborong dagangan ikan di Pasar Boswesen. (Foto:Mega/TN)

TEROPONGNEWS.COM,SORONG- Penjabat (Pj.) Walikota Sorong, George Yarangga memborong semua dagangan ikan di Pasar Boswesen, Kota Sorong, Jumat (2/9/2022).

Pantauan media ini, George Yarangga nampak memborong semua jenis ikan kemudian diberikan kepada warga maupun pembeli yang ada di pasar Boswesen. Selain itu, ikan-ikan tersebut jug akan diserahkan ke dapur umum untuk penanganan korban banjir.

Bukan tanpa sebab, cara itu dilakukan Pj. Walikota Sorong agar para pedagang ikan di pasar Boswesen bisa direlokasi ke pasar modern Rufei.

“Hari ini mereka akan dengan sadar melakukan pembongkaran meja dan pindah ke pasar modern. Jadi kita tidak lagi menggunakan alat berat untuk bongkar dagangan mereka, sehingga tidak ada kekerasan. Mereka minta pemerintah memperhitungkan mereka punya jualan ikan, karena ikan ini cepat rusak, dibandingkan sayur-sayur maupun bumbu,”ujar George Yarangga.

Dikatakan Yarangga, pedagang ikan akan yang lebih dulu direlokasi ke Pasar Modern Rufei dan selanjutnya nanti akan disusul oleh pedagang sayur maupun bumbu. Setelah itu, pasar boswesen akan disulap menjadi ruang terbuka hijau.

“Di daerah sini kan nanti dijadikan sebagai ruang terbuka hijau. Jadi ini upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka penertiban dan merelokasikan pedagang. Kami berharap kerjasama yang baik, para pengurus di sini juga sudah komitmen hari ini, yang pasti hari esok sampai Senin, kegiatan perekonomian sudah harus berjalan di Pasar Modern,”jelasnya.

Yarangga menegaskan, apabila pedagang ikan tidak kunjung merelokasikan dagangannya ke pasar modern rufei, maka ia akan memerintahkan Satpol PP untuk melakukan pembongkaran paksa.

“Seandainya hari Senin mereka tidak juga pindah, itu berarti mereka tidak taat. Kalau masih ada lagi yang berjualan berarti Satpol PP yang akan melakukan pembongkaran,”pungkasnya.