Untuk Pertama Kalinya, UKIM Mewisudakan 300 Mahasiswanya Secara Virtual

Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon kembali mewisudakan sebanyak 300 mahasiswa secara virtual, Sabtu (17/10/2020). Foto-Ist/TN

TEROPONGNEWS.COM, AMBON – Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Ambon kembali mewisudakan sebanyak 300 mahasiswa secara virtual, Sabtu (17/10/2020). Proses wisuda ini untuk pertama kalinya dalam masa pandemi Covid-19. Wisuda secara virtual ini menggunakan Platform Cloud X, dan disiarkan secara langsung melalui Chanel Youtube UKIM TV serta Radio 107,9 UKIM FM.

Dalam laporan akademiknya, Rektor UKIM yang Ketua Senat, Dr. Jafet Damamain, M.Th mengatakan, dalam periode wisuda tahun 2020 UKIM telah meghasilkan 300 lulusan Diploma, Sarjana dan Pascasarjana yang terdiri atas 5 orang Diploma, 292 orang Sarjana dan 3 orang Magister Pascasarjana.

Dengan rincian, Pascasarjana sebanyak 3 orang; Fakultas Teologi terdiri dari Program studi Ilmu Teologi sebanyak 46 orang; Pendidikan Agama Kristen sebanyak 9 orang; Fakultas Teknik terdiri dari Program studi Teknik Sipil sebanyak 20 orang; Fakultas Ekonomi terdiri dari Program studi Ekonomi Pembangunan sebanyak 16 orang; Keuangan dan Perbankan (D3) sebanyak 5 orang; Manajeman sebanyak 16 orang; Dan Akuntansi sebanyak 19 orang.

“Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari Program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial sebanyak 13 orang; Ilmu Komunikasi sebanyak 2 orang; Fakultas Kesehatan terdiri dari program studi Kesehatan Masyarakat sebanyak 34 orang, dan Keperawatan sebanyak 117 orang. Wisudawan yang meraih predikat Cumlaude sebanyak 12 orang,” kata Damamain lewat rilisnya yang diterima Teropongnews.com, di Ambon, Minggu (18/10/2020).

Menurutnya, walaupun Maluku sedang dalam dalam masa pandemi Covid-19, namun UKIM tetap setia hadir untuk mencerdaskan masyarakat Maluku. Ini terbukti dengan jumlah mahasiswa yang masuk Angkatan 2020 sebanyak 1.022 orang.

Selama perkuliahan, lanjut Damamain, UKIM mendukung penuh dengan memberikan fasilitas pembelajaran untuk Mahasiswa dan Dosen.

“Mahasiswa yang mengalami kesulitan mengikuti proses pembelajaran daring, UKIM menyediakan HP android bagi mahasiswa, kuota data sebesar minimal 20GB setiap bulan bagi Mahasiswa, dan dosen sebesar 50GB,” ujarnya.

UKIM juga berkerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah, memberikan kemudahan dan keringanan pembayaran biaya kuliah bagi mahasiswa dan bantuan finansial kepada para dosen dan tenaga kependidikan.

Damamain mengaku, pada tahun 2020 UKIM telah diakreditasi 3 program studi dan mendapatkan peringkat B, yaitu Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Program Studi Ilmu Komunikasi Fisip UKIM.

Untuk Program Studi Ilmu Komunikasi, UKIM merupakan yang pertama, dan masih satu-satunya program studi yang terakreditasi B dalam wilayah Provinsi Maluku.

“Dengan terakreditasinya semua program studi yang ada di UKIM, maka para sarjana yang dihasilkan siap kerja dengan kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan,” tandas Damamain.

Ditempat yang sama Hal Direktur Pascasarjana dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah 12, Dr. Muhammad Bugis, SE,M.Si mengaku, UKIM merupakan universitas Kristen yang selalu berkembang maju dengan menjaga kualitas layanan Pendidikan.

UKIM, menurut dia, termasuk salah satu Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Provinsi Maluku.

“UKIM perlu lebih meningkatkan kinerja penelitian, sehingga mampu membuahkan hasil penelitian yang inovasi dan tepat guna, terutama dalam percepatan pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 di Maluku,” pesan Bugis.

Untuk diketahui, para wisudawan mengikuti acara wisuda secara daring dengan hikmat didampingi orangtua dan keluarga masing masing dari rumah,

Sedangkan Rektor selaku Ketua Senat hanya didampingi Sekretaris senat, para Wakil Rektor, Dekan, Direktur Pascasarjana dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah 12 Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si melaksanakan wisuda, di Aula Serbaguna UKIM dengan tetap menjalankan protokol Kesehatan.