Berita

Universitas Musamus Kembangkan Mesin Pompa Smart Energi untuk Pertanian Merauke

×

Universitas Musamus Kembangkan Mesin Pompa Smart Energi untuk Pertanian Merauke

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Tim Pengabdi Masyarakat Program PTDM Universitas Musamus Merauke bersama mitra. Foto-ist/TN

TERPONGNEWS.COM, MERAUKE – Tim Pengabdian Masyarakat Program Produk Teknologi Yang Diseminasikan Kepada Masyarakat (PTDM) Universitas Musamus, melakukan riset yang berbuah terobosan dengan menciptakan produk inovasi teknologi dalam bidang pertanian yang dapat menggantikan penggunaan bahan bakar minyak.

1500
Mana Calon Gubernur Papua Barat Daya Pilihan Anda yang Layak?

 www.teropongnews.com sebagai media independen meminta Anda untuk klik siapa calon yang digadang-gadang oleh Anda untuk dipilih dan layak jadi calon Gubernur Papua Barat Daya Periode 2024-2029,  kemudian klik Vote pada bagian paling bawah ini.

Tim PTDM Universitas Musamus menyasar beberapa kelompok Tani di Wilayah Wasur II sebagai Mitra yang menjadi kelompok percontohan dalam pengaplikasi produk teknologi Mesin Pompa Smart Energy.

Ketua Tim PTDM, Muhamad Rusdi, bersama Hariyanto dan Candra Wahyudhi menyatakan berkomitmen untuk melakukan riset guna mengatasi permasalahan petani di Merauke terutama pada aspek perairan.

“Dengan adanya produk ini kami berharap dapat menekan pengeluaran untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kerapkali menjadi kendala bagi petani,” ungkap Ketua Tim PTDM, Muhamad Rusdi, Senin (17/1/2022).

Sementara itu, Ketua LPPM Universitas Musamus Izak Habel Wayangkau dalam sambutannya saat penyerahan produk teknologi kepada masyarakat pada 14 januari 2022 di Wilayah Wasur II, ia mengatakan bahwa ini merupakan bentuk Tridharma Perguruan tinggi, dan komitmen Universitas Musamus untuk membangun dan mengembangkan daerah dengan menciptakan riset dan inovasi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Universitas Musamus hadir mengambil bagian untuk mendorong hilirisasi teknologi dengan penerapan energy baru yang baik untuk lingkungan yang bermanfaat bagi masyarakat, sesuai dengan visi dan misi lembaga.

Dia menambahkan bahwa Produk Teknologi yang didiseminasikan ke Masyarakat (PTDM) merupakan skema pengabdian kepada masyarakat yang dikelola dan dikembangkan oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi/BRIN. Skema ini sangat penting untuk mengakselerasi proses hilirisasi produk teknologi hasil penelitian lembaga litbang agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan PTDM maka diperlukan kebijakan dan mekanisme pengelolaan yang transparan. Kebijakan dan mekanisme tersebut dijelaskan dalam Buku Panduan PTDM. “Harapan kami ke depan adanya kegiatan kegiatan serupa yang terus mendorong Lembaga LPPM bersinergi dan berkolaborasi dengan mitra guna meningkatkan kerjasama dan mencari solusi dan juga menerapakan disiplin ilmu yang dimiliki bapak ibu Dosen yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai mitra,” imbuhnya.

Teknologi Pompa Smart Energy adalah Pompa yang memanfaatkan Energi Terbarukan. Pompa didesain portable dalam bentuk gerobak sehingga mudah dipindahkan. Pompa tersebut memanfaatkan dan menyerap energi matahari menggunakan panel surya kemudian mengkonversinya menjadi energi listrik. Energi Listrik yang dihasilkan dialirkan ke inverter, kontroler dan bateray kemudian disambungkan ke pompa untuk menghisap air.

Teknologi Pompa Smart Energy adalah pompa yang memanfaatkan energi terbarukan. Pompa dapat beroperasi sepanjang hari, dengan menyerap energi matahari dan juga dapat beroperasi tanpa matahari selama 5 jam
(saving energy). Output air yang dihasilkan rata-rata mencapai 12.000 liter/jam.

Mitra tim PTDM juga mengucapkan terima kasih dan berharap adanya mesin pompa Smart Energy dapat membantu dan menjadi solusi bagi pertanian dan kesejahteraan masyarakat.